Info Lain

Sharing Pengalaman Saat menjadi Interviewer Polling di Kompas

Haloooooo!

Setelah sekian lama berjanji untuk berbagi cerita #cielah akhirnya saya ngepost juga hari ini. Ini semua karena UAS dan makalah-makalah jahat itu, lah jadi curhat, maap maap.

Sesuai dengan janji saya waktu itu, saya pengen berbagi cerita nih atau istilah kerennya sharing tentang pengalaman saya waktu jadi interviewer polling di Kompas.ย 

Cerita dimulai saat bulan Agustus tahun lalu saya daftar jadi interviewer polling, dateng langsung ke kantornya di Palmerah Selatan, nyasar-nyasar dahulu, nemu tempat kemudian. hahaha.

Pas nyampe kantornya, langsung menuju lantai 4, ke litbangnya. Di resepsionis bilang aja mau daftar interviewer polling, atau orang kantor sana juga udah ngerti kalo kita bilang mau daftar polling haha. Nah, udah ngasih berkas lalala dan ngisi formulir lalala juga, kasihlah ke semua kelengkapan itu ke mbak-mbak resepsionisnya. Tadinya fine-fine aja, eh mbaknya bilang, “Ini dipanggilnya tahun depan ya, soalnya nunggu ngabisin antrian dari yang 2009 dulu.” Nahloh, kagetlah saya. Masa dipanggil tahun depan -__-” ternyata, belakangan saya baru tau kalo Kompas menerima interviewer polling itu menurut angkatan. Jadilah saya yang angkatan 2010 harus mengantri di belakang angkatan 2009.

Okelah gapapa, toh tanpa seleksi dan wawancara ini hihihi ๐Ÿ˜€

Dan waktu berlalu, jeng jeng jeng, saya mulai dapet banyak penggemar yang suka nelpon-nelpon, entah pagi, siang, sore, atau malem. Ternyata telepon itu berasal dari satu tempat, Kompas. Yah, udah seneng banget padahal ada yang nelpon-nelpon terus :p eh gataunya dariย Kompas hahaha.

FYI, saya berkali kali ga bisa pas Kompas nawarin jadi interviewer polling, tidak lain tidak bukan karena waktu kerjanya itu bentrok terus ama kuliah saya. Entah lagi kuis lah, uts lah, jatah bolos yang udah abis lah #ups :p Nah, pada suatu malam yang dingin sekitar bulan April 2012 #apasih Kompas nawarin lagi nih lewat telpon. Bedanya doi nawarin buat kerja pas weekend, Sabtu dan Minggu. Yaudah saya terima, mumpung lagi weekend dan ga ada jadwal apa pun.

Datenglah saya di Sabtu pagi yang cerah ke kantor Kompas. Langsung ke lantai 4 terus planga plongo di sofa depan resepsionis, ga tau harus ngapain. Mana resepsionisnya kagak ada *kan bukan hari kerja, dodol -_-“*. Di saat planga plongo, ada mahasiswa juga yang planga plongo. Alhamdulillah ada temennya hahaha. Ternyata dia juga gatau, yahhh… Eh ada orang lewat, tiba-tiba dia ngomong, “polling ya? masuk aja langsung ke ruang polling terus absen.” Saya cuma ngangguk-ngangguk terus masuk ke ruang poling yang ternyata ada di samping sofa tempat saya duduk #plak. Saya absen, trus dimulailah briefing untuk interviewer polling baru. Dijelasin lalalilinya, gimana kerjanya. FYI, inti kerja dari seorang interviewer polling adalah NELPON. Tuh kan capslocknya kepencet -_-

Terus terus, yaudah laksanain aja apa yang disuruh ampe bosen #eh :p Tapi tenang guys, makan minum Anda semua terjamin hahahaha. Kalo saya waktu itu hari Sabtu kerja dari jam 9 pagi ampe jam 8 malem. Sedangkan hari Minggu cuma dari jam 8 pagi ampe jam 3 sore. Tapi setiap jadwal beda-beda tergantung deadline yang harus dicapai.

Nah, soal fee atau honor, pasti pada nungguin nih saya bahas ini hahahaha, kasih tau ga yaaa *dikeplak pembaca*. Pokoknya hasil kerja kalian sesuai dengan honor yang kalian terima, kok. Pada dasarnya, pengalamannya itu yang penting #cielah Oiya, dan rezeki itu ga mungkin ketuker, jadi ikhlas aja kerjanya. wkwk sotoy ya, maap maap :p

Oiya, soal transport, kalian juga ga usah khawatir, semua ditanggung ama Kompas, enak kan? haha. FYI lagi, untuk transportasi saya kasih tau yah naik apa aja ke sana. Kalo dari Depok, naik kereta aja tujuan Tanah Abang terus turun di Tanah Abang dan pindah peron ke peron tujuan Serpong, turun di stasiun Palmerah. Dari stasiun Palmerah, tinggal jalan aja ke kantor Kompasnya, deket kok hehe. Oiya, jangan malu bertanya ya kalo ga mau nyasar hehe. Sukses! ๐Ÿ˜€

Huft, udah yaaaa segitu dulu sharingnya. Semoga bermanfaat!

Sampai berjumpa di post selanjutnya! ๐Ÿ˜€

20 tanggapan untuk “Sharing Pengalaman Saat menjadi Interviewer Polling di Kompas”

  1. Hy Rika !!
    di situ ada cowok jg ga sih yg ikutan polling?? soalnya gue sm temen gue cewe bareng daftarnya, temen gue udh brp kali di telfon, tp gue blm pernah di telfon.

    1. ini kayak freelance gitu sih, bukan magang atau tetap juga. Jadi kamu kerja kalau mereka panggil aja gitu. Kalo magang kan mayoritas dapat uang saku dan ongkos doang, tapi ini dibayar kok sesuai kerjaan kamu di sana.

  2. Kak aku juga baru mau jadi interviewer polling nih gegara ada kebutuhan mendesak huhu T_T kalo boleh tau, gajinya di atas atau di bawah 500.000 kak? dan dikasihnya per pertemuan atau perbulan? .-. thanks

    1. Gaji tergantung kinerja kamu di sana, tergantung berapa responden yang kamu dapet. Kalo kerja selama 3 hari, rata-rata aku dan teman-temanku dulu dapet lebih dari 500 rb. Transport pun di luar honor itu ya.

      Dikasihnya biasanya 1 minggu setelah kerja. Jadi kita dateng ke kantor Kompas lagi minggu depannya khusus untuk ambil honor.

  3. kak, ini pas daftar harus pake baju kayak magang gak sih putih hitam gitu atau bebas? and kalo cowo misal rambut gondrong gitu bisa gak ya?

    1. Bebas kok, banyak yang pakai jeans juga. Cuma mungkin jangan pakai sendal aja ya, soalnya kan kita istilahnya berkunjung ke kantor orang hehe.

      Untuk rambut gondrong, kalo gak mau dipotong, coba diiket aja biar kelihatan rapi. Untuk baju dan rambut, asal sopan dan rapi aja kok, gak ada syarat khusus.

  4. Ka, mulai bsa dftarnya bulan dan tgl brp ya tiap thunnya? Trs klo angktan 16 dftar thn ini brati ga msuk waiting list kn ka? Reply yo kaa, thx u~

    1. Hai, maaf saya kurang tahu pendaftaran untuk yang tahun ini. Mungkin bisa hubungi sekret litbang Harian Kompas atau langsung datang aja ke kantornya di Palmerah ya. Semoga membantu.

  5. kak mau nanya dong, kalau magang sebagai HR (Tester) disana selama 3 bulan apakah ada kemungkinan di rekrut jadi peawai tetap ?
    menurut pendapat kakak, kalau ada lulusan S1 ikut magang 3 bulan di KOMPAS gimana kak ?

    1. Halo, setau aku Kompas punya sistem perekrutan 3-4 lapis sebelum jadi pegawai. Kemungkinan direkrut setelah sebelumnya magang di sana pasti ada, selama kerja kamu bagus dan bisa dipertimbangkan. Tapi, kamu tetap harus melewati proses perekrutan dan bersaing dgn yg lain juga.

      Silakan saja kalo sudah S1 tp tetap mau magang, tapi magang itu gak digaji ya. Saran aku mending kamu lgsg cari kerja aja kalo udah ada ijazah. Tapi kalo kamu mau magang di Kompas sebagai batu loncatan pun gak masalah. Semoga membantu.

  6. kak mau nanya dong, kalau magang sebagai HR (Tester) disana selama 3 bulan apakah ada kemungkinan di rekrut jadi pegawai tetap ?
    menurut pendapat kakak, kalau ada lulusan S1 ikut magang 3 bulan di KOMPAS gimana kak ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s