Wedding

Aula Sudirman Makodam Jaya : Survei Tempat dan Harga Sewa

Memutuskan survei ke Aula Sudirman Makodam Jaya setelah “tidak berjodoh” dengan venue wedding Balai Makarti Muktitama Kalibata.  Makin was-was karena awalnya sama sekali gak tau tentang Aula Sudirman.

Yuk Baca Juga : Survei dan Harga Sewa Balai Makarti (UPDATE 2020) 

Cari gedung pernikahan ini emang sengaja sudah saya lakukan jauh-jauh hari dari tanggal resepsi saya. Karena nyari gedung nikah di Jakarta itu susah dan rebutan sama capeng-capeng lain gaes :”) Apalagi kalau tanggalnya di bulan-bulan musim nikah seperti di akhir tahun.

Gedung Pernikahan Kalibata

Berbekal pengetahuan yang masih sangat minim, saya mendatangi beberapa pilihan gedung pernikahan di sekitar Kalibata seperti Gedung Bangda Kalibata dan Gedung PMD Pasar Minggu. Hasilnya lumayan zonk karena Gedung Bangda belum selesai renovasi dan belum siap membuka penyewaan gedung lagi. Sementara Gedung PMD ternyata sudah tidak lagi membuka penyewaan karena aturan dari pusat.

Dengan semangat yang hampir turun, saya masih tetap punya keyakinan kalau saya akan dipertemukan dengan gedung yang berjodoh dengan saya *cielah*. Sambil berdoa dan tetep blogwalking, akhirnya saya menemukan review Aula Sudirman Makodam Jaya.

Gedung Pernikahan : Aula Sudirman Makodam Jaya

Sebelumnya saya tidak tahu sama sekali tentang Aula Sudirman. Bahkan saya baru tahu ada gedung pernikahan di komplek Makodam Cawang setelah survei ke Aula Sudirman. Ternyata gedung Makodam Cawang ini emang udah sering dipakai jadi gedung pernikahan. Saya aja berarti yang kudet haha.

Belajar dari pengalaman, saya memutuskan untuk telepon dulu ke sekretariat Aula Sudirman. Telepon saya diangkat oleh Pak Qori. Saya langsung tanya kesediaan tempat untuk tanggal yang saya mau. Saat itu, saya sudah punya cadangan 3 tanggal, jaga-jaga kalau sudah full booked di tanggal pilihan utama.

Suprisingly, gedungnya masih AVAILABLE di pilihan pertama tanggal yang saya mau. Apakah ini jodoh venue wedding-ku? hihi, makin semangat buat langsung survei ke gedungnya.

Saya langsung minta booked sementara ke Pak Qori sebelum saya datang ke sekret untuk DP. Beliau bilang, jika hari Sabtu depan saya datang, saya akan bertemu dengan Ibu Hartini.

Survei ke Aula Sudirman Makodam Jaya

Yey, akhirnya survei ke Aula Sudirman! Saya datang ke Aula Sudirman bersama Mas Eko. Kami berdua belum pernah ke gedung Makodam Cawang ini, tapi tempatnya sangat mudah ditemukan. Letak Aula Sudirman persis di sebelah Gedung Cawang Kencana.

Kesan pertama saya pas masuk komplek Makodam : parkirannya LUAS dan BERSIH. Masuklah kami ke area gedung pernikahan yang saat itu baru saja selesai diadakan resepsi pernikahan. 

Foto-Foto Aula Sudirman Makodam Jaya

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Harga Sewa Aula Sudirman Makodam Jaya

Masuk ke Sekretariat, saya disambut oleh Ibu Hartini. Beliau lalu memberi saya brosur Aula Sudirman yang berisi detail harga sewa.

Harga sewa Aula Sudirman Rp 8.000.000 (SIANG)
Harga sewa Aula Sudirman Rp 9.000.000 (MALAM)

Ada tambahan sewa untuk Akad Nikah yaitu Rp 500.000 bila akad dilaksanakan di masjid dan Rp 300.000 bila akad dilaksanakan di gedung.

Saya berdiskusi singkat dengan Mas Eko dan dia bilang OKE. Sip, cuss lah booking sebelum diambil orang hehe. Kami booking untuk Sabtu siang. Boleh pakai semua area aula sudirman makodam jaya dari subuh sampai pukul 14.00.

Mengenai akad nikah, saya memutuskan untuk melaksanakan akad di gedung dengan pertimbangan :

  • Masjid Aula Sudirman letaknya lumayan jauh dari gedung.
  • Efisiensi waktu biar gak bolak balik ke ruang rias yang ada di dalam gedung.

Jadi, total harga sewa Aula Sudirman Makodam Jaya untuk akad dan resepsi saya Rp 8.300.000. DP yang dibayarkan sebesar Rp 1.000.000, bisa dibayar cash ataupun transfer. Selesai urusan booking gedung, Ibu Hartini mengoleh-olehi saya banyak  brosur catering rekanan Aula Sudirman Makodam Jaya.

Cek Juga Info Penting Ini Harga Sewa Gedung Pernikahan TERBARU

Pertimbangan Kenapa Pilih Aula Sudirman

Di balik keputusan kilat kami, sebenarnya ada beberapa pertimbangan kenapa akhirnya kami memilih Aula Sudirman Makodam Jaya sebagai venue wedding, yaitu :

  1. Kapasitas Aula Sudirman Makodam Jaya cukup luas dan sesuai dengan jumlah tamu undangan pernikahan kami. Aula Sudirman dapat menampung 800-1000 orang standing party.
  2. Ceiling gedung Makodam Cawang ini tinggi jadi bisa dipakai buat dekorasi pelaminan adat Jawa dengan gebyok yang sudah kami rencanakan sejak awal. Sepertinya muat juga kalau pakai dekorasi pelaminan Minang dengan rumah bagonjong-nya (eh, rumah apa deh? cmmiw).
  3. Pelaminannya tidak sempit dan ada panggungnya. Soalnya saya gak mau pelaminan yang sejajar sama area tamu. Jadi kurang wah aja gitu #banyakmau.
  4. Parkiran Aula Sudirman luas. Pas sama request papa saya yang tamu undangannya mayoritas bawa mobil.
  5. Akses gedung cukup mudah ditemukan. Insyaallah nanti tamu undangan kami nanti tidak ada yang kesulitan menemukan lokasi gedung ini.

Ini beberapa foto parkiran depan Aula Sudirman Makodam Jaya. Masih ada slot parkiran di belakang gedung yang tidak sempat terfoto. Emang seluas itu sih area parkirnya.

 Aula Sudirman Makodam Jaya
Parkiran Aula Sudirman Makodam Jaya
Aula Sudirman Makodam Jaya
Jalan Utama Menuju Aula Sudirman Makodam Jaya

Booking Venue Wedding : DONE!

Alhamdulillah akhirnya kami pulang ke rumah dengan gembira dan hati tenang karena sudah booking gedung. Setidaknya berkurang satu hal yang harus diurus. PR selanjutnya adalah penentuan vendor catering. Alhamdulillah masih sangat semangat, apalagi ke mana-mana masih ditemenin si Masnya. Ke mana-mana berdua ngurusin wedding preparation, senangnya lebih dari diajak nonton bioskop atau makan di cafe romantis hahahha.

*FYI, Aula Sudirman ini sudah kami booking dari akhir November 2015 yaaa, cuma memang baru sempat diceritain sekarang hehe. Maret 2016 lalu saat saya ke sana untuk test food salah satu catering, harganya masih sama kok. Tapi kesediaan  tanggal sepertinya sudah sangat minim untuk tahun 2016. Untuk lebih jelasnya, silakan telepon Sekretariat Aula Sudirman di 021-8003388.

Tetap semangat cari venue-nya ya, Bride & Groom to be. See you on the next post! 🙂

24 tanggapan untuk “Aula Sudirman Makodam Jaya : Survei Tempat dan Harga Sewa”

  1. Hai Mba Rika.. Salam kenal ya.. saya fika, eh nama kita hampir samaan ya? hehehe.. saya tertarik banget sama ulasannya mba rika tentang gedung ini, secara saya emang lagi nyari nyari gedung dengan low budget hehe.. Saya mau nanya dong, kalo untuk dekorasi kira-kira mereka punya rekanan juga ngga ya? dan seandainya kita pakai catering dari luar apakah ada biaya chargenya? Dan untuk hargnya yang 8.000.000 itu, apakah harga sewanya tetep sama antara 2015 sama 2016?

    1. Hai Fika. Untuk catering dan dekorasi mereka punya rekanan dan itu cukup banyak. Bahkan ada vendor yang menawarkan paket wedding yang sudah termasuk sewa gedung. Tinggal kamu minta brosurnya aja ke sekret.

      Untuk biaya charge kalo pakai catering dari luar rekanan, pasti ada biaya charge-nya, tapi saya kurang tahu. Awal 2016 kemarin saya juga sempat datang lagi ke sekret dan harganya masih sama. Untuk lebih pastinya, silakan kamu telp dulu aja ke sekretnya ya. Semoga membantu ya.

  2. haii rika..
    boleh tanya ya, aku rencananya akan menikah di aula sudirman makodam juga seperti kamu tapi sebetulnya aku ga prnh liat itu gedung pas acara wedding . boleh tau ga plus minus dsana apa aja. soalny pas aku tlp bu hartini br ada acara wedding dsna bln maret masi lumayan lama jd aku bner” gatau gmn kondisiny itu gedung pas ad wedding . yg pling pnting sih kayany gmn kodisi ac ny dingin apa enggak . jd misalnya memang bnyk minus nya aku mulai cari” lg gedungny . sedih bgt klo misalnya bnyk minusnya aku sudah DP soalnya . semoga enggak bnyk minusny ya heehhe
    Thanks rika
    aku tunggu reply ny

    1. Hai Mae, untuk plus minus Aula Sudirman sebagai venue wedding, menurut aku lebih banyak plusnya. Alhamdulillah sewaktu acara akad dan resepsi, aku gak keringetan sama sekali. Apalagi ruang rias untuk pengantin wanita, itu malah over dingin AC-nya menurut aku.

      Kalau mau dicari minusnya, mungkin terletak pada pintu masuk yang di samping pelaminan, bukan di depan, which is ga sesuai sama beberapa capeng. Tapi aku gak masalah jadi bukan big problem buat aku.

      Jadi alhamdulillah aku gak kecewa pas adain acara di sana. Semoga membantu ya. 🙂

      1. alhamdulillah syukur lah klo memang tidak ad minusnyaa, dan brrti untuk ac aman lah ya ga akan mengecewakan . hbis aku suka down gtu klo denger tmn” hbis kondangan psti yg d omong”in itu prtma mknanny trz sm gedungny br lain” ny .oh jd tamu” itu msuk dr pintu samping gtu ya, aku bner” gatau sm skli tntang gedung ini hhahha .
        okedeh makasih banyak ya rika atas informasiny, yg jelas sangat membantu scra kan km yg nglamin ny lgsg . drpd aku nanya sm orng lain yg cm blng denger” aja hheheehh yg psti aku lbih prcaya km .
        oiya aku mau tny lg maaf ya klo ngerepotin lg hehheh btw klo KUA ny itu dmn ya rumah aku kan d cakung pasti akan numpang nikah kan jatuhny krna beda kecamatan tp aku gatau ngurus”ny dmn hehehe
        -Thanks

      2. KUA Kramat Jati, daerah kampung dukuh. Bisa di-search di maps atau waze aja ya untuk tau jalannya. Untuk proses numpang nikah, mungkin kamu bisa googling aja. Banyak kok yang udah sharing juga 🙂

    1. Halo. Setau saya belum termasuk sound system. Tapi sudah termasuk kursi 100 buah. Saya waktu itu tambah sekitar 500 ribu atau 1 juta untuk charge sound system entertainment.

  3. Hallo mbak Rika…Salam kenal.
    Mohon infonya donk mbak to makodam bs pke pelaminan minang menggunakan bagonjong tidak?

    1. Hallo, salam kenal. Menurut saya, sepertinya pelaminan bagonjong muat di makodam karena gedungnya lumayan tinggi. Untuk memastikan, silakan lgsg datang aja ya buat check tempatnya. Semoga membantu 🙂

  4. hallo mbak rika…
    salam kenal aku dengan dian mau nanya tentang review aula madokam. untuk ruang riasnya terdiri brp kamar yah mba?untuk acnya pake standing ac bukan ac central yah?terima kasih

    1. Hallo, di Aula Sudirman ada satu ruangan khusus buat capeng wanita. Trus ada satu tempat lagi untuk make up keluarga. Iya bukan AC central tp menurut saya cukup memadai untuk gedung tsb.

  5. Mbak saya sudah dp untuk gedung makodam tp saya kepikiran takut gak dingin karena teman komentar pernnah ke acara nikahan di makodam aula sudirman katanya panas. Waktu nikahan mbak kalo boleh tau yg dtg kisaran berapa orang yah mbak?

  6. halo mbak mau nanya waktu itu mbak berapa undangan yah?saya rada hawatir nanti tamu saya kepanasan karena banyak review yg bilang kalo panas.mohon jawabannya yah mbak. makasih.

  7. Hallo capeng, mau nawarin over booking untuk di Aula Sudirman Makodam tanggal 8 Desember 2018 malam. Yang tertarik bisa WA ke nomor aku yaaa, Ria 089604104373. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s