Wedding

Review : Mahkota Printing dan Maulana Souvenir

Hai hai hai… Kali ini mau bahas review undangan sekaligus souvenir hihihi finally yaaa. Udah mau nulis review ini dari lamaaa banget tapi baru sempet sekarang.

Sebelum nikah, bahkan sebelum lamaran, saya udah excited banget nyari-nyari vendor undangan dan souvenir. Apalagi liat banyak yang lucu di internet, rasanya pengen order online aja. Ini ceritanya saya emang anaknya online banget alias males muter-muter nyari vendor hahaha. Tapi apa daya, Mas Eko bilang lebih baik kami cari toko offline aja biar dikontrolnya lebih mudah. Kalo pengerjaan bermasalah bisa langsung didatengin gitu. Oke deh setuju, Mas! Kali ini saya jadi anak penurut hahaha.

Review Undangan : Undangan dulu ya. Pencarian dimulai dari blogwalking dulu tentunya. Setelah baca sana sini sampe pusing dan kacamata miring karena baca sambil tiduran, saya akhirnya mengantongi beberapa nama incaran toko undangan di Pasar Tebet Barat. Berangkatlah saya dan Mas Eko ke sana awal Januari 2016, sekitar 8 bulan sebelum hari H. Sebenernya kami menghindari pusing pas H-3 atau H-2 bulan acara, makanya mau dari jauh-jauh hari aja urus semuanya, rencananya begitu. Setelah muter-muter area basement Pasar Tebet Barat, akhirnya kami ketemu satu toko namanya Mahkota Printing. Anyway, semua toko undangan di Pasar Tebet Barat ini tempatnya di basement ya, gak usah naik-naik tangga, dari depan pasar cukup turun tangga sekali aja dan tadaaa… semua toko yang jual undangan ada di situ.

Oke di Mahkota Printing ini kami liat-liat undangan yang sesuai minat kami dan tawar-tawaran harga. Kebetulan kami menggelar dua acara yang butuh undangan, yaitu acara resepsi pernikahan di Jakarta dan acara unduh mantu di Tangerang. Jadilah kami minta satu model ini dibikin dua versi dan dua warna. Akhirnya kami dapat deal harga Rp5.500 per undangan untuk pemesanan 600 pcs undangan hard cover (1 model 2 versi; 300 pcs untuk resepsi dan 300 pcs untuk unduh mantu). Tapi kami gak langsung DP hari itu juga karena masih penasaran bandingin harga sama toko lain haha. Tapiiinya lagi, ujung-ujungnya akhir bulan Januari kami balik lagi ke sini untuk deal undangan yang kami mau dan langsung DP. Tadinya Mas Darnoto, owner Mahkota Printing, bilang harganya jadi Rp6.500/pcs, tentu saja saya gak mau dan bilang “udah deal kok kemaren, gimana sih mas,” hahha gak mau rugi banget anaknya. Akhirnya dia ngalah dan kami DP. Rencananya Maret/April 2016 undangannya sudah bisa kami ambil. Horeee.

Minggu demi minggu pun berlalu dengan perbaikan desain, tulisan nama, dan peta sana sini karena abang desainernya salah nama terus huaaa udah sebulan masih di desain ajah belum cetak-cetak. Akhirnya final design juga dan tinggal nunggu dicetak. Tentu saya cek progressnya via whatsapp Mas Darnoto. Etapiii dia balesnya lama terus dan ternyata katanya komputernya kena virus dan semua desain undangan hilang sodara-sodara. Gimana gak stres tuh bride-to-be kayak sayaaa. Emang sih married-nya masih lama, tapi kan saya juga kesel ya huhuhu gimana yang married-nya bulan depan trus ada kejadian kayak gini :”)

Akhirnya saya sabar menunggu desain ulang dan proses cetak. Saya lupa kapan tepatnya undangan jadi, yang jelas prosesnya molor sekitar sebulan karena tragedi komputer kena virus itu. Saya, Mas Eko, dan papa mama lalu ambil undangan sekaligus pelunasan. Setelah sampe rumah, saya cek dan overall okay. Dikasih bonus 20 pcs undangan, tapi banyak juga yang amplopnya agak reject akibat packing yang terburu-buru kali ya. Kebetulan model undangan saya yang ada amplop setengah gitu bawahnya jadi rawan reject pas dipacking. Yasudahlah, yang penting udah jadi dan sedikit beban sudah hilang alhamdulillah.

Review Mahkota Printing : 7.5/10

Ini dia hasil jadi undangan saya bertema javanese warna pink dark brown. Satu versi lagi yang untuk unduh mantu warnanya pink silver tapi gak sempet kefoto karena udah langsung dikirim ke rumah mama mertua. Modelnya sama cuma beda warna aja.

undangan
Undangan Tema Javanese Warna Pink Dark Brown
undangan1
Undangan Rika-Eko

Lanjut ke souvenir ya. Pencarian souvenir ini dimulai dengan blogwalking juga dan akhirnya nemu nama Gudang Alfiandra yang ngehits banget di kalangan bride-to-be. Bermodalkan google maps, saya dan Mas Eko nekat ke daerah Jatinegara buat cari itu gudang yang katanya bakal banyak banget pilihan barang. Oke kami cusss. Tapi… udah ngikutin gmaps dan muter-muter tapi gak ketemu jugaaa huhuhu sampe muter tempat yang itu-itu aja 3 kali tetep gak ketemu. Sempet bete-betean juga jadinya ama Mas Eko *syedih* Yasudah kami menyerah dan gak nyari gudang itu lagi. Oiya kami nyari souvenir sekitar bulan Maret 2016.

Gak lama setelah itu, kami nyari souvenir lagi ke Pasar Jatinegara. Toko-toko souvenirnya ada di basement. Di sana jalan di antara toko tergolong sempit, apalagi banyak pembeli yang berdiri di pinggir toko untuk beli atau sekadar tanya-tanya. Setelah masuk ke basement, kami tanya-tanya di Toko Maulana Souvenir. Setelah tanya ini itu dan mempertimbangkan mau souvenir apa, kami memutuskan order 300 pcs gelas untuk acara unduh mantu di Tangerang. Harganya 3.800/pcs sudah termasuk boks, desain ukiran, dan nama pengantin. Untuk souvenir resepsi di Jakarta, kami mau tanya mama papa saya dulu untuk persetujuan, karena sebagian besar undangan memang tamu mereka hehe. Penjaga toko, Mas Agus, bilang jika pesanan saya ready, saya akan langsung dihubungi. Di situ kami langsung bayar lunas karena di Maulana Souvenir tidak bisa DP dulu, harus lunas. Saat itu, Mas Agus juga bilang kalau mereka punya toko yang lebih besar yang terletak di depan Pasar Jatinegara, pas di sebelah Bank Mandiri.

Seminggu setelah hari itu, kami bersama papa mama saya serta mama Mas Eko pergi ke Toko Maulana Souvenir yang di sebelah Bank Mandiri. Ternyata tokonya cukup luas dan memadai lah untuk liat-liat. Daripada toko yang di basement, saya prefer langsung ke sini aja. Di toko itu, kami dilayani oleh Mas Bembi. Kami deal membeli 300 pcs gelas seharga 3.800/pcs dan 300 pcs kipas seharga 6.000/pcs. Semua udah termasuk packaging boks dan nama pengantin. Saya bilang ke Mas Bembi, saya akan ambil barangnya sekitar awal Agustus, satu setengah bulan sebelum acara. Dia mengiyakan.

Bulan demi bulan pun berlalu, awal Agustus saya hubungi Mas Agus dan Mas Bembi dan bilang bahwa saya mau ambil souvenirnya. Mereka susaaah banget dihubungi, apalagi Mas Bembi. Akhirnya mereka bales dan bilang belum selesai. Oke, saya tanya kapan selesainya. Mereka bilang minggu depan saya bisa langsung ambil di toko. Seminggu kemudian, saya dan papa udah bawa mobil untuk angkut souvenirnya dan ternyata dari total 900 pcs souvenir yang saya pesan, baru 300 pcs gelas untuk souvenir unduh mantu yang udah jadi huhuhu. Di situ saya udah jengkel sebenernya. Mana parkir mobil di situ kan susah banget ya, terlebih saya ke sananya weekend. Jadi agak jauh parkirnya, terpaksa minta tolong bawain ke entah itu pegawainya Maulana Souvenir atau bukan, dia suka markirin gitu. Sebenernya gak minta tolong sih, yang nyuruh dia angkat ke mobil papa saya itu Mas Agus. Eh dia minta duit 50 ribu buat 3 kali balik. Dia mintanya ngeselin lagi kayak mau nyopet ngikutin terus sambil ngomong-ngomong gak jelas gitu. Astagfirullah, saya yang lagi jengkel banget, jadinya tambah jengkel.

Seminggu setelahnya saya hubungi lagi tuh dua mas mas itu dan mereka janji-janji aja tapi ternyata souvenir saya belum jadi juga. Mungkin cobaan saya sebagai bride-to-be adalah di souvenir. Akhirnyaaaa souvenir saya jadi H-2 minggu acara! Padahal saya sudah booking dan lunas pada H-7 bulan acara. Mantep gak tuhhh hahahha. Tapi gakpapa, alhamdulillah hasil souvenirnya bagus walau gak ada bonusnya padahal udah order 1.000 pcs (pas ambil souvenir terakhir, saya beli 100 pcs tempat tisu yang udah diboks-in dan tanpa ukiran nama pengantin). Jadinya dalam acara resepsi di Jakarta, souvenir kami ada 3 jenis: kipas, gelas, tempat tisu. Sementara untuk acara unduh mantu souvenirnya gelas saja. Ini dia penampakan 3 macam souvenir tersebut.

Review Maulana Souvenir : 6/10 atau 5/10 ya hehehe 6 aja deh, kesel sih tapi yaudah gakpapa. Mungkin mereka langganannya banyak jadi saya terlupakan hiks. :”)

Oke deh sekian dulu yaaa review undangan dan souvenir dari saya. Senang sekali jika postingan ini membantu kalian. Feel free to like or comment this post. And see you on the next post. Thank youuu 🙂

Satu tanggapan untuk “Review : Mahkota Printing dan Maulana Souvenir”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s