Motherhood

Rekomendasi Breast Pad : Pigeon, Medela, Dacco Mama Pad

Review breast pad kali ini jadi review pertama saya setelah menyandang peran sebagai mamah muda #cielah. Breast pad jadi salah satu “alat perang” saya saat menyusui Kaniya. Busui, terutama yang ASI-nya sering beleber ke mana-mana, pasti butuh banget breast pad.

Jenis Breast Pad

Busui bisa pilih dua jenis breast pad yang tersedia di pasaran, yaitu :

  1. Washable breast pads
  2. Disposable breast pads

Washable breast pads adalah breast pad yang bisa dicuci ulang setelah pakai. Washable breast pads terbuat dari kain yang lapisan dalamnya terdapat penyerap ASI sehingga bisa dicuci dan dipakai berulang kali.

Disposable breast pad adalah breast pad sekali pakai, bahannya mirip-mirip pembalut sekali pakai, tapi jauh lebih tipis dan daya serapnya tidak setinggi pembalut sekali pakai.

Washable Breast Pads/Disposable Breast Pad?

Saya sudah mencoba kedua jenis breast pad ini. Untuk washable breast pads, saya sudah coba breast pad washable Avent dan Baby Oz washable breast pads. Jujur saya kurang bisa review breast pad washable yang bagus karena efek 2 merek tersebut di saya kurang lebih sama.

Washable Breast Pads Baby Oz

Washable breast pads Avent dan Baby Oz tetap membuat ASI saya tembus ke bra dan baju 😦 Mungkin karena ASI saya lumayan mengucur deras di masa ASI eksklusif ini. Kebetulan Kaniya juga full direct breastfeeding. Sayang sekali, kondisi saya ternyata kurang memungkinkan untuk memakai washable breast pads.

Sebenernya, washable breast pads ini bagus banget untuk busui yang mau menghemat budget breast pad karena jenis bahannya yang bisa dicuci ulang. Plus sekalian bisa mendukung aksi go green untuk mengurangi sampah plastik dan sejenisnya.

Review Disposable Breast Pads

Disposable breast pads menjadi pilihan saya karena praktis dan sesuai kondisi saya (mampu menyerap ASI saya yang alhamdulillah mengucur deras). Selama hampir 7 bulan ini, saya pernah mencoba beberapa merek berikut.

Medela Breast Pads

Disposable breast pads pertama yang saya coba adalah merek Medela. Medela breast pads saya dapat sebagai bonus sewaktu saya beli Medela breast pump di Mom & Baby Fair akhir 2017 lalu.

Kemasan breast pad ini dibungkus satu-satu per pcs dan dalamnya berbentuk bulat dengan bagian tengah yang berbentuk agak menekuk ke dalam.

Kelebihan breast pad merk ini mungkin terletak pada daya serapnya yang lumayan bagus. Namun menurut saya kekurangannya lebih mendominasi. Breast pad Medela ini entah kenapa terasa agak gatal di payudaya saya saat dipakai, lalu breast pad seringkali menggulung saat saya sudah selesai menyusui dan ingin merapikan bra. Harganya juga tergolong mahal, untung saya dapat ini gratisan hehehe.

Review Breast Pad
Medela Breast Pads

Harga Breast Pad Medela : Sekitar Rp 80 ribu (30 pcs)
Harga Satuan : Rp 2.600/pcs

Pigeon Breast Pads

Pigeon breast pads jadi pilihan saya setelah Medela breast pads saya habis. Pigeon breast pads honeycomb ini banyak jadi rekomendasi buibu yang udah duluan pakai breast pads. Saya sempat repurchase Pigeon breast pads honeycomb beberapa kali hingga akhirnya beralih ke merek lain.

Kenapa? Saya agak kurang nyaman dengan bau sejenis ASI basi saat Pigeon breast pads honeycomb mulai penuh. Yup, bau ASI memang pasti ada di breast pad mana pun. Tapi, paling parah baunya ya di breast pads ini. huhu.

Pigeon breast pads honeycomb review lain yang bisa saya share adalah penyerapan ASI Pigeon breast pads cukup bagus dan bahannya aman di kulit saya (tidak gatal di kulit seperti Medela breast pads). Kerekatan lem pada Pigeon breast pads juga bagus sehingga tidak mudah menggulung.

pigeon breast pads honeycomb
Pigeon Breast Pads

Harga Breast Pad Pigeon : Rp 60 ribu – Rp 70 ribu (66 pcs)
Harga Satuan : Rp 900/pcs

Dacco Mama Pad

Dacco Mama Pad adalah breast pad dengan harga paling murah di antara merek breast pad lain yang pernah saya coba. Dari segi harga, Dacco Mama Pad jelas juaranya. Kelebihan Dacco Mama Pad selain harganya yang murah adalah kenyamanan saat memakainya. Karena breast pad ini tergolong tipis, jadi serasa tidak memakai breast pad.

Dacco Mama Pad memiliki kemasan lucu berbentuk bunga, tapi sayang kualitasnya tidak sebagus kemasan luarnya. Daya serap Dacco Mama Pad bisa dibilang kalah dari Medela dan Pigeon breast pads. Dacco Mama Pad cepat sekali terasa penuh dan mulai mengeluarkan aroma ASI basi saat penuh (meski aromanya tidak separah Pigeon). Dacco Mama Pad juga rawan sekali menggulung karena rekatan lem sangat mudah terlepas.

Dacco Mama Pad Review
Dacco Mama Pad (Kemasan Lama)

Harga Breast Pad Mama Pad : Rp 40 ribu – Rp 50 ribu (56 pcs)
Harga Satuan : Rp 750/pcs

Mama Pad Premium

Mama Pad Premium adalah varian Dacco Mama Pad untuk breast pad premium. Awal perjumpaan saya dengan Mama Pad Premium adalah saat breast pad ini DISKON di Supermarket.

Berbeda dengan breast pad merek lain yang kemasannya per pcs, kemasan Mama Pad Premium per dua pcs. Kemasan Mama Pad Premium mudah dibuka dan ini sangat membantu saya saat sedang terburu-buru memasang breast pad.

Daya serapnya oke, rekatan lemnya oke jadi tidak mudah menggulung, tidak bau ASI basi walau sudah penuh. Eh tapi kalo penuhnya udah keterlaluan, juga pasti bau ya, meski gak separah merek lainnya.

Kualitas Mama Pad Premium sebanding juga dengan harganya yang lebih tinggi dibanding merek lainnya. Mama pad premium juga agak sulit juga ditemukan di pasaran.

Review Mama Pad Premium
Mama Pad Premium

Harga Mama Pad Premium : Rp 70 ribu – Rp 80 ribu (68 pcs)
Harga Satuan Rp 1.100/pcs

Rekomendasi Breast Pad

Menurut saya, Disposable Breast Pads diurutkan dari yang paling nyaman adalah :
1. Mama Pad Premium
2. Pigeon Breast Pads
3. Dacco Mama Pad
4. Medela Breast Pads

Oke deh, sekian sharing saya tentang review dan rekomendasi disposable breast pads. Semoga lain kali bisa review produk ibu dan bayi lainnya ya. See you on the next post!

Artikel Bermanfaat Nih : Pengalaman Pasang KB IUD

(UPDATE) FEBRUARI-OKTOBER 2019 :

Rekomendasi breast pads saya berubah ke Dacco Mama Pad. Dacco Mama Pad review saya berubah karena inovasi Dacco pada produk breast pad regularnya. Kabar baiknya adalah Dacco Mama Pad tetap murah.

Kualitas produk semakin bagus tapi harga tetap murah. Is it GOOD? Oiya, kemasan baru Dacco Mama Pad agak berbeda dari kemasan lamanya. Harganya tetep murah dan mudah ditemukan di berbagai toko online maupun offline.

Rekomendasi Breast Pads
Dacco Mama Pad Kemasan Baru

Kalau mau beli, Dacco Mama Pad yang kemasan baru itu ya. Menurut saya udah oke dari segi harga dan kualitas. Sampai akhir masa menyusui, saya tetap setia dengan Dacco Mama Pad yang kemasan baru ini. Selamat mencoba dan tetap happy menyusui! 😀

Cek Ini Juga Yuk Moms : Daftar Peralatan MPASI Hemat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s