Tips Keuangan

Cara Mudah Investasi Reksa Dana untuk Ibu Rumah Tangga

Semenjak punya anak, kayaknya masalah finansial emang lebih njelimet. Mau gak mau nabung dan investasi untuk keperluan anak di masa depan harus dipikirin dari sekarang. Eh gak cuma dipikirin deng, tapi DILAKUIN. Baru-baru ini suami nyaranin saya untuk investasi dalam bentuk reksa dana. Sebagai orang awam yang gak begitu ngerti tentang investasi zaman now yang sudah makin berkembang ini, saya akhirnya cari tau tentang reksa dana.

Apa itu Reksa Dana?

Reksa dana adalah salah satu produk investasi yang cara kerjanya menghimpun dana pemodal melalui manajer investasi.
Manajer investasi berperan sebagai institusi yang mengelola reksa dana. Nantinya, manajer investasi akan mengelola uang para pemodal dan menginvestasikannya dalam bentuk saham, obligasi, dan deposito. Menarik sih ya, kita jadi punya semacam asisten pribadi keuangan gitu yang bantuin kita untuk investasi reksa dana. Kulik lebih lanjut deh yuk tentang reksa dana ini.

Reksa dana memiliki beberapa jenis, di antaranya :

1. Reksa Dana Pasar Uang

Reksa dana pasar uang menempatkan seluruh dana investasi pada instrumen pasar uang. Instrumen ini bersifat utang dan memiliki jatuh tempo kurang dari satu tahun. Contoh reksa dana jenis ini adalah deposito, obligasi, Sertifikat Bank Indonesia (SBI).

2. Reksa Dana Pendapatan Tetap

Reksa dana jenis ini memberikan return tetap karena 80% dana disimpan dalam bentuk surat utang negara atau surat utang perusahaan yang memiliki jatuh tempo lebih dari satu tahun.

3. Reksa Dana Campuran

Reksa dana campuran menempatkan dana untuk diinvestasikan ke dalam berbagai jenis, seperti saham, surat utang, dan instrumen pasar uang.

4. Reksa Dana Saham

Reksa dana saham menempatkan minimal 80% dana ke dalam efek yang bersifat ekuitas (saham).

Kalau untuk pemula yang masih ingin main aman, mungkin reksa dana pasar uang adalah jenis reksa dana yang cocok karena reksa dana jenis ini memiliki risiko paling rendah. Namun, jika ingin return yang lebih besar, juga dapat memilih reksa dana pendapatan tetap dan campuran. Sementara untuk mendapatkan return yang tinggi, dapat memilih reksa dana saham. Inti dari reksa dana adalah :

HIGH RISK, HIGH RETURN

LOW RISK, LOW RETURN

Hemm, udah paham sedikit lah ya tentang reksa dana ini. Terus gimana? Cara investasinya gimana, mulainya dari mana, harus berapa dana yang disiapkan? Awalnya pertanyaan-pertanyaan ini juga yang melesat di pikiran saya. Lalu, ketemulah saya sama satu aplikasi yang membuat semuanya jadi mudah. Maklum, makemak gini mana mau investasi yang ribet-ribet hehehe.

POEMS ProFunds

Aplikasi penyelamat! Penyelamat di antara kebingungan orang awam seperti saya yang baru mau belajar investasi reksa dana. Jadi, POEMS ProFunds ini adalah semacam supermarket reksa dana untuk semua kalangan. Kenapa semua kalangan? Soalnya aplikasi ini gampang banget dipelajari dan mayoritas harga reksa dana di sini bisa dibilang sangat terjangkau. Contohnya produk dari PT Eastspring Investments Indonesia, ada 3 produk reksa dana milik PT Eastspring Investment Indonesia di POEMS Profunds yang harganya mulai dari Rp100.000, antara lain Eastspring Investments Alpha Navigator, Eastspring Investments IDR High Grade, dan Eastspring Investments Value Discovery. Bahkan ada yang harganya lebih murah lagi. Contohnya reksa dana milik PT Phillip Asset Management yang harganya mulai dari Rp50.000. Ada 4 produk reksa dana PT Phillip Asset Management di POEMS ProFunds, yaitu Phillip Money Market Fund, Phillip Rupiah Balanced Fund, Phillip Government Bond, dan Phillip Equity Extra.

Yang paling bikin seneng sih, selain ada website-nya, POEMS ProFunds ini bisa di-download di Play Store. Jadi ibu-ibu rumah tangga macam saya ini bisa juga investasi sambil jaga anak, sambil bersih-bersih rumah. Tinggal pilih-pilih produk reksa dana, terus investasiin deh dana kita melalui rekanan manajer investasi terpercaya. Ada sekitar 115 reksa dana terdaftar di POEMS ProFunds.

Picture1Untuk melihat daftar reksa dana lainnya, bisa kunjungi  link berikut http://www.poems.co.id/supermarketreksadanaonline/.

Di aplikasi POEMS ProFunds ini, ada 2 fitur cerdas yang akan membantu orang-orang dalam memulai investasi reksa dana, yaitu fitur SmartStart dan SmartPlan. Fitur SmartStart berisi paket rekomendasi berisi pilihan reksa dana. Tersedia 3 pilihan tergantung profil risiko yang ingin dipilih, bisa pilih risiko konservatif (rendah), moderat (sedang), atau agresif (tinggi). Paket-paket ini nantinya akan di-review setiap 3 bulan agar memberikan performa pertumbuhan yang baik. Fitur ini oke banget sih menurut saya, soalnya bener-bener simple dan mudah buat pemula. Kita tinggal pilih paketnya terus nanti dana kita akan diinvestasikan di beberapa jenis reksa dana oleh tim analisis terpercaya.

Yang kedua adalah fitur SmartPlan. Fitur ini memudahkan kita dalam disiplin berinvestasi reksa dana. Dengan fitur ini, kita bisa melakukan pembelian reksa dana secara otomatis setiap bulannya dengan jumlah dan waktu yang dapat kita tentukan sendiri.

Satu hal penting lainnya adalah saat kita memutuskan untuk berinvestasi reksa dana secara online, kita akan dibuatkan rekening atas nama kita sendiri yang dikhususkan untuk investasi reksa dana. Untuk memulai investasi reksa dana melalui POEMS ProFunds, tata caranya gampang banget. Yuk intip di sini!

Picture2Setelah saya kulik-kulik, ternyata POEMS Profunds ini milik Phillip Sekuritas Indonesia yang udah gak usah diragukan lagi kredibilitasnya. Makin bikin mupeng aja nih buat investasi. Karena selain investasi berupa emas dan aset seperti rumah, menurut saya reksa dana adalah investasi jangka panjang yang menjanjikan.

Oiya, kalau mau tau lebih lanjut tentang si POEMS ProFunds ini, bisa kepoin IG-nya di @Talktophillip dan kalau mau belajar lebih mendalam tentang reksa dana bisa kunjungi IG @Reksadanakucom.

Yuk mariii kita mulai investasi dari sekarang! Sampai bertemu di sharing-sharing berikutnya yah! 🙂

Satu tanggapan untuk “Cara Mudah Investasi Reksa Dana untuk Ibu Rumah Tangga”

  1. Selamat siang
    Perkenalkan saya Okta dari ForexMart

    Setelah melihat website Anda, kami tertarik untuk mengajak Anda sebagai partner online kami.

    Besar harapan saya kerjasama kita dapat berjalan dengan baik dan saling menguntungkan satu sama lain. Bila ada yang kurang jelas, jangan sungkan untuk menghubungi saya lagi.

    Kami tunggu balasan Anda
    Salam dan terima kasih

    Regards
    Okta
    Business Development

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s