Aplikasi Al Qolam : Konten Islami Anak yang Gratis

Ada yang udah pernah denger aplikasi Al Qolam? Jadi, ini salah satu aplikasi yang oke banget sebagai media pembelajaran anak. Bagus dan yang terpenting : GRATIS!

Konten Islami Untuk Balita Saat Ramadan

Alhamdulillah kita bisa berjumpa lagi dengan bulan suci Ramadan. Rasanya kalo pas menyambut Ramadan tuh happy gitu ya. Apalagi Ramadan tahun ini adalah Ramadan pertama Kaniya which is Ramadan pertama saya as a mom.

Sebagai makemak yang pengen anaknya jadi anak solehah sejak dini, saya niatnya mau memperkenalkan Islam pada Kaniya dengan cara yang menyenangkan. Gimana caranya?

Alhamdulillah Kaniya memang udah gak asing sama surah-surah pendek dan doa-doa harian karena saya dan suami insyaallah akan terus membiasakan Kaniya mendengar dan nantinya membaca surah-surah dalam Al-Quran tersebut.

Nah, Ramadan kali ini adalah waktu yang pas banget buat lebih memperkenalkan Kaniya sama surah-surah di Al-Quran. Kemudian saya mikir, kemampuan saya dalam membaca Al-Quran itu emang ya so so, bisa sih tapi gak jago dinada-nadain gitu lho.

Terus, waktu lagi liat-liat berita sekitar minggu lalu, pas banget Google tuh baru launching Google Assistant dalam bahasa Indonesia. Nah, Google Assistant bahasa Indonesia ini menggandeng beberapa perusahaan untuk integrasi aplikasi lain dalam machine learning. And guest what? Al Qolam masuk di dalamnya! Kok bisa pas banget sih ya. Allah kasih jawabannya cepet banget haha.

Konten Islami di Al Qolam

Al Qolam merupakan salah satu divisi dari PT Hidayah Insan Mulia yang fokus pada pemenuhan kebutuhan masyarakat muslim. Al Qolam telah merilis produk-produk dengan berbagai kategori seperti Smart Quran, Kids & Education, Health, Digital Application dan lain-lain. Produk-produk tersebut merupakan produk inovatif dan edukatif didukung dengan High Technology.

PT Hidayah Insan Mulia ini juga lho yang merilis Smart Hafiz dan Hafiz Hafizah Talking Doll yang fenomenal itu, pasti makemak masa kini tau deh. Nih saya kasih gambarnya, pasti gak asing kan kan kan? *maksa* hahaha

Review Al Qolam Smart Hafiz
Smart Hafiz
review al qolam
Hafiz Hafizah Talking Doll

Oiya, kalo mau tau produk-produk kece lainnya bisa kepoin Website Al Qolam ya. Produk-produk tersebut bisa menjadi media pembelajaran dengan konten islami yang menyenangkan untuk anak.

Jadi, anak bisa belajar sambil bermain, tentunya dengan cara yang menyenangkan. Tapi, berhubung Kaniya belum punya mainan alias media belajar tersebut, saya mau mengenalkan Kaniya ke aplikasi Al Qolam di Google Assistant. Yang free aja dulu ya, Nak. Nanti Kaniya gedean baru kita nabung untuk beli hehe.

Al Qolam di Google Assistant

Back to Google Assistant. Jadi, kita bisa install aplikasi ini di smartphone berbasis minimal Android 5.0 Lollipop. Search aja “Google Assistant/Google Allo” terus install deh. Awalnya emang masih default bahasa Inggris, tapi bisa kita ubah jadi bahasa Indonesia.

Cara Pakai Al Qolam di Google Assistant

1. Tap icon mic terus ngomong “Ok Google”
2. Tunggu Google Assistant membalas, lalu kita ngomong lagi “Talk to me in Indonesian”
3. Setelah Google Assistant membalas dengan bahasa Indonesia, kita ngomong lagi “Bicara dengan Al Qolam”
4. Nanti Google Assistant akan menjawab lagi dan kita tinggal request mau putar surah atau doa harian apa, atau kalo mau denger murrotal juga bisa. Contohnya, “Putar Surat Al-Falaq, dong” atau “Doa-doa harian untuk anak”.
5. Udah deh, nanti Google Assistant akan memandu kita secara interaktif.

Review Al Qolam di Google Assistant

Di hari pertama puasa Ramadan, saya coba dengerin surah-surah pendek Al-Quran di Google Assistant bareng Kaniya. Biasanya sekitar jam 2-an setelah Kaniya bangun tidur siang, jamnya kami ngemil.

Tapi kali ini, Kaniya ngemil tapi saya cuma liat aja. Nah, kami manfaatin kehadiran Al Qolam di Google Assistant. Alhamdulillah Kaniya anteng dan kayak nyimak gitu. Masya Allah.

Saya gak tau sih dia sudah mulai paham atau belum, tapi dilihat dari ekspresinya sih, Kaniya suka! Yeay, akhirnya saya nemu satu kegiatan asyik lagi deh bareng Kaniya : dengerin murrotal dan bacaan surah-surah pendek Al-Quran melalui Al Qolam di Google Assistant.

Kesimpulan Review Al Qolam di Google Assistant

Menurut saya, langkah Google Assistant menggandeng Al Qolam tepat banget. Apalagi momennya pas banget nih lagi Ramadan, waktunya lebih rajin untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT dengan cara lebih sering mendengarkan hal yang baik, salah satunya ya lewat aplikasi Al Qolam ini.

Kelebihan Al Qolam di Google Assistant

Oiya, Al Qolam ini satu-satunya aplikasi dengan konten agama di Google Assistant untuk saat ini. Alhamdulillah, sangat membantu saya sebagai ibu yang ingin memperkenalkan konten-konten islami sejak dini kepada Kaniya.

Satu hal lagi yang saya suka dari aplikasi ini, yaitu : PRAKTIS! Yup, tau kan kerjaan ibu rumah tangga bejibun, pegang hape pun kadang cuma bisa pas anak lagi tidur. Nah, dengan aplikasi ini, kita tinggal buka Google Assistant terus ngomong aja deh kita mau putar surah atau doa apa. And play!

Jadi, menurut saya kelebihan aplikasi ini adalah FREE dan PRAKTIS.

Kekurangan Al Qolam di Google Assistant

Kekurangannya? Hemm, mungkin terletak pada belum adanya layanan pelanggan tempat komplain ini itunya, contoh jika aplikasi lemot atau error.

Tapi, kabar baiknya adalah dalam waktu dekat pihak Al Qolam akan melakukan pengembangan untuk konten di Google Assistant berupa layanan pelanggan (customer service).

Harapannya, layanan pelanggan melalui Google Assistant dapat memudahkan pelanggan dalam menjangkau pelayanan dari Al Qolam yang lebih interaktif dan responsif demi menjaga kepuasan pelanggan. Alhamdulillah.

Nah…

Udah deh yuk cepet cobain kegiatan baru ini bareng si kecil. Dijamin bikin hati adem sekaligus bisa memperkenalkan anak dengan konten islami. Insyaallah kalau anak sudah terbiasa mendengar hal-hal yang baik seperti murrotal ini, nantinya ia akan tumbuh menjadi anak yang soleh dan solehah. Amin Ya Rabbal Alamin.

Oiya, selamat memasuki bulan Ramadan untuk para pembaca yang menjalankan. Semoga segala amal perbuatan baik kita di bulan Ramadan tahun ini diridhoi oleh Allah SWT. Amin amin Ya Rabbal Alamin. See you on the next post yaaa…

Baca Juga : Review Parklon Playmat, Emang Beneran Bagus dan Awet?

rikaamelina

A mom who love writing review on blog and social media.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *