Motherhood

Review Kue Ultah dan Persiapan 1st Birthday Kaniya

5 Oktober 2017, pukul 05.25, seorang bayi mungil lahir ke dunia dengan tangisannya yang membuat kedua orangtuanya menangis haru. Kini, ia telah menginjak usia 1 tahun.

“Waktu bergerak sangat cepat ketika kamu memiliki bayi.” Kalimat itu ternyata bukan omong kosong. Saya sendiri merasa waktu berlari saat Kaniya hadir dan tumbuh di pelukan saya. Alhamdulillah, Kaniya tumbuh sebagai anak yang sehat, cerdas, dan ceria. Perjalanan masih panjang, tapi momen ulang tahun pertama Kaniya ini adalah salah satu pengingat bagi saya untuk lebih bersyukur. Betapa baiknya Tuhan telah mempercayai saya untuk menjadi ibu dari Kaniya.

Hari Ulang Tahun Kaniya

Untuk mensyukuri hal itu, saya dan Mas Eko mengadakan perayaan ulang tahun untuk Kaniya. Awalnya, mbah uti-nya Kaniya hanya ingin membuatkan nasi kuning lalu dibagikan ke para tetangga. Tapi setelah dipikir-pikir dan didiskusikan dengan saya dan Mas Eko, jadilah kami mengadakan acara 1st birthday Kaniya kecil-kecilan. Selain sebagai syukuran, acara ini juga kami harapkan bisa dikenang oleh Kaniya nantinya. Ya, saya tahu, Kaniya mungkin tidak ingat, tapi saya akan cetak fotonya biar nanti dia lihat hehe. Berkaca pada pengalaman, saya memiliki album foto ulang tahun dari umur 1 sampai 9 tahun dan semua terekam dalam kertas foto. Sampai sekarang, setiap saya lihat album-album foto itu, saya sangat bersyukur karena saya memiliki mama yang pandai merajut kenangan melalui foto. Tentu saya juga ingin Kaniya punya rekam jejak seperti itu. Jadi hobi mamakmu ini ya ngumpulin album foto, dek hehe.

Acara 1st birthday Kaniya kami adakan di rumah, semi outdoor, mengingat cuaca bulan Oktober ini sangat panas jadi biar para undangan juga menikmati sejuknya angin sore. Kami mengadakan acara pada tanggal 6 Oktober 2018, sementara ulang tahun Kaniya tanggal 5 Oktober 2018. Sebenarnya karena tanggal 6 Oktober itu hari Sabtu jadi biar lebih leluasa waktunya bagi bocil-bocil beserta mamak-mamaknya hehe. Acara ini termasuk acara ulang tahun anak sederhana yang kami rencanakan secara dadakan, tanpa tema atau apa pun, yang penting masuk budget πŸ‘ŒπŸ˜

Oke, kita bahas satu per satu perintilan-perintilan dalam 1st birthday Kaniya.

Birthday Cake

Omong-omong birthday cake, hal ini yang paling bikin saya galau to the max. Mau beli langsung ke toko kue atau pesen custom cake? Mau belinya 1 atau 2 cake? Mengingat undangan Kaniya mencapai 50-60 orang (Iya semua tetangga yang bocil diundang πŸ˜…) Kalo belinya 1 cake yang kecil aja (mengingat budget) dan gak dibagiin kuenya ke para undangan, nanti gak enak, anak orang pada ngiler. Serba salah kan? Jadilah cake ini yang kami pesan untuk ultah Kaniya:

πŸŽ‚ Baby Shark Cake πŸŽ‚

Akhirnya setelah melalui pencarian review cake di dunia maya, saya menemukan Instagram @thehollybely yang bisa custom birthday cake anak dengan harga affdorable. Yes, itu yang terpenting. Menurut beberapa review yang udah pesen, cake-nya juga enak. Jadilah saya pesen birthday cake tema baby shark buat Kaniya. Harganya Rp250.000 untuk birthday cake diameter 20 cm. The holly bely ini bukan toko ya, dia nerima custom order aja. Nih foto cake-nya. Lucu kan kan kan? 😁

Selain lucu, cake-nya juga enak. Percayalah, saya bukan tipe orang yang menilai makanan cuma 2 macem: enak dan enak banget. Kalo gak enak ya saya bilang gak enak. Tapi ini cake-nya beneran enak dan sesuai selera saya, which is gak terlalu manis dan pas. Saya pesen yang rasa cotton cheese. Jadi cake-nya itu ada campuran cheese dengan selai blueberry. Meski kejunya gak terlalu berasa, tapi enak kok. Kaniya aja pas nyobain doyan. Padahal anak ini kalo nyobain yang agak kemanisan dikit aja muntah πŸ˜…

Review saya untuk birthday cake ini 8,5/10. Minusnya cuma, lokasinya jauh dari rumah saya, jadi pas ngambil kuenya pake mobil butuh waktu kurang lebih 3 jam bolak balik. Kalo dianter bisa sih, tapi ongkirnya 80 ribu (ongkos Gocar), mending buat yang lain (emak-emak ogah rugi hihi).

πŸŽ‚ Hello Kitty Cake πŸŽ‚

Oke, kegalauan beli 1 atau 2 cake berakhir dengan keputusan : beli 2 cake. Birthday cake satu lagi kami beli dadakan di Majestyk. Saya sempet cari review katanya Majestyk jual birthday cake yang murah dan rasanya lumayan. Eh bener dooong, pas saya cek ke tokonya di daerah Ciputat, ada Hello Kitty Cake ini harganya cuma Rp145.000 diameter 26 cm. Wow wow wow *lebay* Tapi ini harganya belum termasuk lilin ya. Untuk lilin angka tambah 3 rb, lilin magic 7 rb.

Jujur saya gak nyobain sama sekali cake ini karna sudah habis tak bersisa oleh para bocil undangan Kaniya. Tapi dilihat dari segi harga, tampilan, tekstur kue yang (kayaknya) lembut, bolehlah saya kasih nilai 8/10.

Dekorasi

Jujur ini di luar dugaan saya dekorasi 1st birthday Kaniya bisa sebanyak ini. Dekorasi serame ini dibantuin full sama tetangga saya, Om Warsito, yang punya usaha dekor War Art. Kalo ada yang mau dibikinin ginian dengan harga yang cincai bisa komen aja yaaa nanti saya kasih nomor yang bersangkutan. Waktu itu seminggu sebelum acara ultah Kaniya, saya cuma minta tolong minta dibuatin tulisan “Kaniya” dan “1st Birthday” aja ke Om Warsito, karena saya pikir saya udah beli bunting flag “HBD” jadi tinggal tambahin itu aja nanti. Saya gak request apa-apa, cuma minta tolong itu tok. Ya kali udah minta tolong pake request wakaka. Eh dibikinin back drop segede itu dan serame itu. Balon balon juga dari dia. Alhamdulillah, rezeki Kaniya ya nak. Banyak yang sayang Kaniya.

Selain backdrop, mbah akung-nya Kaniya juga taruh tv di samping meja kue buat seru-seruan nyanyi HBD lewat yutub. Terus berhasil dooong bikin bocah pada happy dan Kaniya juga happy. Yeay!

Snack Ultah dan Bingkisan Nasi Kuning

Masalah snack, tadinya kekeuh mau pake paketan yang banyak dijual di shopee, biar gak ribet bungkusin satu-satu. Eh karena denger mama bilang “Di pasar minggu tuh snack murah-murah, mama tau tempatnya”. Yaudah cuss belanja sendiri haha. Belanja abis sekitar Rp500.000 buat 60 paket snack.

Untuk nasi kuning, mbah uti-nya Kaniya yang turun tangan. Udah pasti enak itu mah. Jadi mbah uti bikin 60 kotak nasi kuning beserta tumpeng gedenya, selesai acara langsung habis tak bersisa diserbu bocah dan emak-emaknya. Untung mama dan babanya Kaniya sempet nyobain sebelum acara haha. Untuk budgetnya, kurang tau karna pake duit mbah uti hehehe. Sepertinya belanja sekitar Rp500.000-an gitu deh.

Baju Ultah Kaniya

Jujur ini gak beli, kado neneknya Kaniya pas zaman baru lahiran haha. Tadinya mau beli baru, tapi dipikir-pikir sayang juga cuma dipake sekali dua kali, inget budget juga sih wakak. Jadi bukibuk, coba bongkar kadonya si baby zaman dulu, kali aja ada party dress nyelip. Gak usah beli baru kan jadinyaaa. Hemat kan? Sippp.

Udah sih kayaknya itu aja yang perlu disiapin untuk pesta kecil-kecilan. Intinya buat bersyukur dan berbagi kebahagiaan aja sih. Semoga Kaniya menjadi anak yang sholehah, cerdas, sehat, bahagia, dan berbakti kepada orangtua amiiin. πŸ˜‡

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s