Travelling & Kuliner

5 Wisata Kuliner Belitung : Wajib Coba!

Kalo lagi travelling, wisata kuliner itu jadi salah satu list wajib saya. Begitu pun bulan lalu saat kami sekeluarga jalan-jalan ke Belitung. Ini pertama kalinya saya ke Belitung dan amazed sama keindahan alam dan wisata kulinernya.

Selain enak, mayoritas warung makan di Belitung mematok harga yang lumayan ramah di kantong wisatawan. Padahal Belitung sudah masuk kota wisata yang terkenal di Indonesia, tapi dia gak jual mahal kalo soal wisata kulinernya.

Oke, langsung cuss aja kita bahas 5 wisata kuliner Belitung yang wajib kalian coba kalo lagi ke Negeri Laskar Pelangi ini.

1. OS Kong Djie

Gak susah menemukan cafe yang terkenal di Belitung ini. OS Kong Djie masuk ke kawasan Kota Tanjung Pandan dan terletak di pinggir jalan raya. Selama 4 hari kami di Belitung, 3 hari di antaranya kami sarapan di cafe ini dan pesan menu berbeda-beda. Cafe ini memang memiliki banyak variasi menu yang harganya terjangkau.

Di OS Kong Djie, saya mencoba nasi goreng, bubur ayam, nasi tim, dan nasi kucing. Semuanya enak dan sesuai selera saya, kecuali nasi timnya yang menurut saya agak benyek hehe. Nasi kucing yang harganya 8 ribu pun enak dan lumayan banget untuk sarapan. Nasi gorengnya juga wajib coba sih kalo mau makan yang agak ngeyangin.

IMG20190916084013.jpg
Nasi Goreng OS Kong Djie

2. Kong Djie Coffee

Kong Djie Coffee ini katanya adalah warung kopi legendaris di Belitung. Sebelum muncul banyak warung kopi yang menyandang nama “kong djie”, warung inilah yang pertama kali berdiri, tepatnya pada tahun 1943. Sebelum Indonesia merdeka, warung ini udah ada! Gokil, hahaha

IMG-20190915-WA0055.jpg
Berfoto di depan Kong Djie Coffee, Siburik

Kong Djie Coffee termasuk warung kopi paling ramai yang saya lihat di Belitung. Selain Kopi O, Kong Djie Coffee juga menjual jenis kopi lainnya seperti kopi susu dan makanan-makanan kecil. Rasa kopinya otentik sih, saya yang bukan penggemar kopi aja suka banget sama kopi susunya. Wajib mampir ke sini deh kalo mau ngopi dan cemil-cemil gorengan.

3. Warkop 1001 Manggar

Gak lengkap rasanya kalo ke Belitung tapi belum mengunjungi wilayah Belitung Timur. Di Beltim, banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi seperti Replika SD Laskar Pelangi dan Museum Kata Andrea Hirata.

Setelah kami mengunjungi tempat-tempat wisata di Beltim, kami searching tempat makan yang recommended di daerah sana dan memutuskan untuk ke Warung Kopi 1001. Warkop ini letaknya persis di pinggir jalan dan lumayan besar untuk ukuran warkop. Sebenernya ini lebih mirip cafe sih, menunya juga lumayan bervariasi dan gak terlalu mahal.

IMG20190916120527.jpg

Saya pesan pempek dan nila goreng. Rasanya ya so so sih, tapi tempatnya unik dan instagramable banget, cocok untuk foto-foto. Oiya, saya pesen kopi susu dan coklat susu. Dua-duanya enak dan worth it banget. Entah kenapa saya cinta sama kopi susu Belitung, rasanya enak dan otentik. Padahal saya sama sekali bukan penggemar kopi.

4. Warung Makan Mak Weng

Makanan asli Belitung ya gak jauh-jauh dari seafood karena letak geografis Belitung yang merupakan sebuah kepulauan. Salah satu warung makan seafood yang sempat kami coba di Belitung itu Warung Makan Mak Weng.

Warung Makan Mak Weng terletak di dalam kawasan Pantai Tanjung Pendam. Warung ini adalah warung yang paling ramai di antara warung seafood lainnya di kawasan ini. Karena penasaran, kami akhirnya makan siang di sana.

Saya pesan cumi kecap, tumis kangkung, dan bakso sapi untuk Kaniya. Baksonya so so tapi seger kuahnya. Cuminya enak dan porsinya lumayan untuk harga 40 ribu. Kalo di Jakarta kayaknya akan jauh lebih mahal. Tumis kangkungnya juga enak dengan harga cuma 10 ribu. Worth it sih ini, wajib coba banget kalo ke Belitung! Sekalian nyantai di pinggir Pantai Tanjung Pendam. Tapi karena sering ramai banget, harap sabar karena bisa nunggu sampai 30 menit lebih.

IMG20190917134240.jpg
Cumi Kecap + Tumis Kangkung + Nasi Anget

5. Mie Belitung Atep

Mie Atep pasti udah gak asing di telinga wisatawan Belitung. Mie Belitung ini enaaaak, ada udang-udang kecilnya tapi suprisingly ga amis sama sekali. Sukaaa banget. Ini sih gak usah diragukan lagi, harus wajib banget coba mie belitung Atep kalo ke Belitung.

IMG20190914201517.jpg
Mie Belitung

Lokasi Mie Belitung Atep ada di tengah kota, deket banget sama Bundaran Batu Satam. Meski gak terlalu luas tempatnya, tapi makanannya worth it kok untuk dicoba. Mie Belitung itu bikin kangen, lebih ngangenin dari Mie Aceh kalo buat saya. Nanti coba cabang Mie Atep yang di Jakarta deh. Semoga sama enaknya hehe.

Itu dia 5 rekomendasi wisata kuliner Belitung dari saya. Semoga bermanfaat yaaa, silakan menikmati kuliner Belitung yang enak-enak dan ramah di kantong! 🙂 Oiya, saya akan share trip to Belitung di next post. See you yaaa!

Satu tanggapan untuk “5 Wisata Kuliner Belitung : Wajib Coba!”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s