Tips Keuangan

Cara Bayar Paypal dengan Jenius

Haloo, akhirnya setelah 8 tahun kenal wordpress dan mulai nulis di blog, saya baru upgrade paket wordpress minggu lalu haha. Dengan demikian, blog rikaamelina resmi menjadi blog TLD tanpa embel-embel wordpress domain lagi, yay! Happy? Jelas dong. Soalnya keputusan upgrade jadi wordpress premium ini melalui kegalauan 7 bulan lamanya. Kegalauan apa aja?

  1. Paket WordPress.com atau WordPress Self Hosted?
  2. Mau Dibawa Ke Mana Niche Blog Ini?
  3. Yakin Akan Konsisten Nulis Kalau Blog Udah TLD?

Kegalauan yang menurut saya hakiki dalam proses menjadi blogger Indonesia ini membuat saya kepo maksimal dan mau tidak mau otomatis belajar sangat banyak mengenai “cara membangun blog”.

Alhamdulillah sekarang saya sudah menemukan jawaban dari 3 kegalauan di atas.

(1). Saya memilih upgrade paket wordpress untuk menjadi blog TLD. Saya pakai paket personal yang sudah termasuk domain dan paket hosting selama 1 tahun.
Kenapa gak pilih self hosted aja yang lebih bebas dan bisa dipasang plugin ini itu?
Personally saya pengen banget ya sebenernya memiliki seutuhnya satu blog yang diutak atik sendiri dari awal. Tapi setelah menimbang plus minusnya dan tujuan awal ngeblog ini, saya akhirnya memilih untuk tetap pakai hosting wordpress.com.

(2). Setelah menyisir satu demi satu artikel di blog ini, saya sadar kalau blog ini gak punya niche alias blog gado-gado haha. Sampai saya mampir ke sebuah artikel mengenai “Lifestyle Blog” kemudian saya menemukan kemiripan dengan blog saya.

Iya, mayoritas tulisan di blog ini berdasarkan daily life saya dan notabene saya emang orangnya suka sharing everything yang menurut saya berguna bagi pembaca.

(3). Karena sudah berani mengeluarkan dana sekian dollar untuk paket wordpress, insyaallah saya–wajib kudu harus–lebih rajin nulis konten. Saya juga akan lebih belajar lagi gimana caranya bikin konten yang bermanfaat dan bisa di-share ke banyak orang.

Cara Upgrade Paket WordPress

Setelah keputusan untuk membeli paket wordpress sudah fixed, saya ke aplikasi mobile wordpress untuk upgrade ke paket personal. Jeng jeng jeng, transfernya harus pakai CC atau Paypal.

Tapi, saya sudah punya solusinya meski saya gak punya cc dan gak mau pakai jasa bayar paypal hehe. Cara ini dijamin mudah, cepet, bebas biaya admin.

Gimana caranya? Saya pakai debit jenius yang terhubung dengan jaringan Visa. Jenius adalah salah satu solusi cara bayar paypal tanpa kartu kredit.

Upgrade Paket WordPress dengan Jenius

Ada 3 tahap utama yang menghubungkan akun wordpress, jenius, dan paypal. Berikut saya urutkan detailnya.

Hubungkan Akun Jenius dengan Debit Jenius

  • Buat akun paypal di laman resmi paypal.
  • Log in ke akun paypal setelah verifikasi email.
  • Klik Setting > Financial Information > Cards > Link a New Card.
  • Akan tampil laman yang berisi form informasi kartu, lengkapi sesuai dengan kartu yang akan kamu link dengan akun paypal. Saya pilih e-card jenius sebagai cara bayar paypal tanpa kartu kredit.
  • Lengkapi informasi e-card jenius kamu (nomor kartu, masa kadaluarsa kartu, security code) > klik Link Card.

Cara hubungkan jenius di paypal

Verifikasi Paypal dengan Jenius

Pastikan debit jenius kamu sudah ada saldo minimal setara 2 dollar (sekitar Rp 30 ribu). Kalau saya pakai e-card yang harus di-top up dulu dari m-card.

  • Masih di laman Financial Information Paypal. Klik Edit pada kartu yang perlu diverifikasi.
  • Akan muncul laman baru dan klik Confirm Your Card.
  • PayPal akan menarik USD 1,95 dari Jenius kamu. Setelah kartu terverifikasi, saldo akan dikembalikan ke rekening kamu 5-7 hari kemudian.

Verifikasi akun Paypal

  • Buka aplikasi Jenius > Card Center > e-card (pilih kartu debit yang kamu hubungkan ke akun PayPal sebelumnya).
  • Salin 4 digit kode yang ada di log transaksi kartu Jenius ke laman akun Paypal yang menunggu verifikasi kode. Klik Get a code.

Checkout di Akun WordPress

  • Balik ke akun wordpress. Checkout dan pilih Pembayaran melalui Paypal.
  • Isi Negara dan Kode Pos > Klik Beli dengan Paypal.
  • Pastikan saldo cukup untuk transaksi upgrade paket wordpress pilihan kamu.
  • WordPress akan otomatis menarik dana dari akun Paypal kamu.

Log Akun Paypal

SELESAI! Paket wordpress akan aktif paling lambat 72 jam setelah transaksi dilakukan. Tapi di saya udah langsung aktif dan bisa langsung utak atik domain dan blog sih.

Ini saya sertakan juga infografis cara upgrade wordpress.com melalui paypal supaya lebih mudah dipahami.

Bayar Paypal Pakai Jenius

Semoga bermanfaat ya info ini, boleh komen-komen kalau ada yang mau ditanya atau mau ditambahkan. Share info ini ke temen-temen kamu ya supaya pada gak bingung lagi cara upgrade paypal tanpa kartu kredit. See you on the next post! 😀