Sharing Pengalaman

Tips Berkarya dan Berkreasi di Masa Pandemi

Jadi, sesungguhnya saya masih bingung menentukan judul yang tepat untuk topik yang akan saya tulis ini ahahaha. Ceritanya kemarin saya ikutan IG Live #AyoMajuBersama yang digagas oleh Home Credit Indonesia di Instagram nya @homecreditid

Dalam IG Live Funtalk tersebut, ada Erix Soekamti yang sharing mengenai cara berkreasi atau gali kreativitas selama pandemi ini. Tentunya kreasi yang terkait musik karena beliau datang dari dunia musik.

Jujur, Funtalk kemarin sangat inspiratif bagi saya sehingga saya ingin berbagi dengan menuliskannya di sini. Jadi, bagaimana cara berkreasi di masa pandemi menurut Erix Soekamti? Yuk bahas satu-satu!

1. Kreativitas Muncul dari Keterbatasan

Alih-alih mengeluh, jadikan masa pandemi ini sebagai ladang kreativitas. Menurut Erix, kreativitas lahir dari keterbatasan. Saat pandemi seperti ini, musisi dan pekerja seni pasti kena efeknya. Namun sebenarnya, pandemi seperti ini adalah waktu yang tepat untuk keluar dari zona aman.

Salah satu hal yang digagas Erix saat pandemi ini adalah konser akustik Endank Soekamti pada tanggal 25 September yang full dilakukan secara digital. Erix mengaku ini adalah pertama kalinya Endank Soekamti menyajikan musik secara akustik.

Saya sangat setuju dengan pendapat bahwa pandemi bisa menjadi ladang kreativitas. Dengan banyaknya waktu di rumah, seharusnya kesempatan untuk berkarya juga semakin banyak.

Ini saya buktikan dengan belajar hal-hal baru yang sangat seru. Ikut kelas online, ngulik-ngulik aplikasi edit foto dan video, serta menyalurkan hobi yang tak sempat dilakukan sebelum pandemi.

2. Manfaatkan Potensi Dalam Diri

Untuk berkreasi, tidak perlu melihat jauh-jauh. Lihatlah diri kita, maksimalkan potensi diri kita yang mungkin masih terpendam karena tidak digali.

Erix Soekamti mengatakan bahwa ide akan terealisasi dengan baik jika kita memiliki potensi. Saatnya eksplor kemampuan diri. Gali lebih dalam hal yang menjadi minat dan bakat kita.

Potensi diri ini juga bisa “menghasilkan” lho. Caranya? Cari solusi dari permasalahan banyak orang dan kaitkan dengan potensi yang kita punya.

Erix mencontohkan dengan menjual mic yang banyak dibutuhkan oleh orang yang baru belajar membuat video atau berkarya di dunia musik. Beliau masuk dari passion dan potensi yang dia punya hingga akhirnya menjual produk yang menurutnya merupakan SOLUSI dari permasalahan banyak orang.

3. Berkarya dari Hati

Selain harus berdasarkan passion, berkarya juga semestinya berasal dari hati. Di bidang musik, Erix mengaku bahwa passion musiknya mengikuti minat.

Baginya, musik seperti cinta dan kebutuhan. Saat membuat lagu, hal yang pertama dipikirkan adalah kepuasan diri sendiri. Karena musik yang dibuat dengan hati, akan lebih menggugah para pendengarnya.

Satu kalimat favorit saya saat Funtalk kemarin adalah “Berkarya dengan hati akan sampai ke hati juga.”

4. Just Do It

The last but not least adalah… JUST DO IT! Iya, langsung mulai berkarya saja. Terlalu banyak rencana kadang membuat kita stuck karena berbagai ketakutan yang muncul.

Ini saya juga setuju banget sih. Sebagai mantan perfeksionis, saya tau benar bahwa sangat sulit melangkah jika sesuatu belum disiapkan secara matang. Tapi… Mau sampai kapan begitu terus?

“Memulai sedikit lebih baik dibanding tidak memulai sama sekali”

Jadi semakin semangat berkarya setelah nonton IG Live bareng Home Credit Indonesia ini πŸ’ͺ

Gak sabar ikutan Funtalk berikutnya yang akan LIVE di IG @homecreditid yuk ikutan nonton juga! Ssttt, ada banyak kuis yang berhadiah voucher belanja menarik lho. Kemarin saya kebetulan menang salah satu kuis tebak lagu. Uhuy! Seruuu, wajib banget ikutan yuk yuk pantengin IG nya.

Sekian buah kreasi saya setelah menonton IG live berfaedah tersebut. See you on the next post! πŸ™‚

Baca Juga : Ide Usaha Ibu Rumah Tangga Saat Pandemi

32 tanggapan untuk “Tips Berkarya dan Berkreasi di Masa Pandemi”

  1. terimakasih kaka ku tulisan mu amat sangat mengisnpirasi , masa pandemic seperti ini kita memang memerlukan banyak asupan pengetahuan seperti ini lho , tips tips keren kaya kaka ini

  2. Kreatifitas muncul dari keterbatasan. Yups. Jangan karena keterbatasan malah mati kutu. Sebaliknya, harus berpikir lebih maju mendobrak sekat tersebut.

  3. Berkarya dari hati, pasti. Hehe. Memunculkan potensi emang hal penting. Apalagi sebagai seorang perempuan patinya punya sesuatu hal yang bisa di eksplore lagi dan lagi ya,

  4. eh ada endang soekamti, salfok akutu, hihi..

    tim rebahan wajib baca nih yaa, supaya nggak makin mager πŸ˜€

    Semangat berkarya kak Rikaa πŸ˜€

  5. Saya sudah menemukan dan kengembangkan passion yang akan saya kembangkan. Kira-kira, bakalan mudah atau tidak ya, proses pinjam di Homecredit?
    Kayaknya hanya untu kredit barang ya

  6. Banyak di rumah seharusnya menjadikan kita punya banyak waktu untuk berkreativitas. Wah, ini sih aku rasakan banget. Paling pertama jadi suka masak. Gimana dong, anak-anak bawaannya lapar melulu.

    Terus, berbulan kemudian, aku jadi suka fotografi dan vlogging. Dulu mah mana kepikiran.

  7. Nice sharing Mba, semoga makin banyak yang bisa memaknai Kreativitas Muncul dari Keterbatasan secara luas. Jangan mau kalah dengan covid-19
    dan happy yang bisa ikutan Live fun talk oleh Home Credit, sayang nya saya belum beruntung huhu :3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s