Motherhood

Peralatan MPASI : Hemat dan Tepat Guna

Peralatan MPASI yang beraneka ragam jenis dan merek pasti bikin bingung. Ujung-ujungnya pengen dibeli semua dengan dalih “siapa tau nanti butuh”. Trust me, sekali gak dipake di awal MPASI, peralatan itu ada bersemayam lama di tempat penyimpanan. Entah sampai kapan.

Menurut saya, new mom adalah sasaran empuk bagi merek-merek yang menjual berbagai macam alat tempur MPASI. Apalagi pas liat Instagram mommy mommy selebgram, wih rasanya semua barang mau dibeli, entah itu nanti berguna atau engga, urusan belakangan, yang penting beli dulu. Ya gak? haha.

Ya kalo punya dana berlebih plus tempat penyimpanan barang yang luas, it’s ok. Tapi, berhubung saya sobat hemat dan ruang penyimpanannya terbatas, saya mau sharing peralatan MPASI yang hemat dan tepat guna. Yup, intinya pasti kepakai dan murah!

*postingan ini adalah review jujur dan sama sekali tidak mengandung iklan brand apapun. Ini murni rekomendasi berdasarkan pengalaman saya.

High Chair

High chair atau kursi makan bayi sebaiknya disiapkan sebelum masa MPASI. Menurut saya, kebiasaan makan di high chair bisa menjadi good habit untuk anak sedari dini. Selain itu, penggunaan high chair bisa mengamankan spot lain agar tidak terlalu berantakan dengan ceceran makanan anak.

Rekomendasi Merek High Chair

Pilihan high chair saya (pastinya hemat dan termasuk murah di kelasnya) yaitu :

  1. Pliko
  2. IKEA Antilop
  3. Baby Safe

Setelah mempertimbangkan desain, kebutuhan, dan harga, pilihan saya jatuh pada Baby Safe High Chair.

Beberapa pertimbangan saya dalam memutuskan pilihan ini yaitu :

  • Desain high chair dan harganya sepadan.
  • Warnanya cerah, bisa membuat anak tertarik untuk makan di kursi makannya sendiri.
  • Multifungsi. Bisa jadi high chair, kursi makan di bawah (kalo emaknya nyuapin sambil ngemper di lantai hehe), dan bisa jadi meja belajar jika nanti anak sudah di atas 3 tahun.

Kaniya cukup memaksimalkan penggunaan high chair ini. Dia cukup disiplin makan di high chair sampai usia sekitar 12 bulan (lumayan lah ya penggunaan 6 bulan).

Tapi, pas dia udah hobi lari-lari dan kenal youtube (nonton di TV), dia prefer makan di meja makan orang dewasa sambil nonton youtube Cocomelon. Jadi, penggunaan high chair ini menurut saya penting untuk good habit anak makan stay di kursi gak sambil jalan-jalan.

Food Maker

Baby food maker adalah peralatan MPASI yang penting banget terutama di masa awal MPASI Harga di pasaran untuk produk ini juga rata-rata terjangkau.

Merek yang saya pilih yaitu Lusty Bunny. Murah meriah tapi bener kepakai banget, kok. Bisa melumatkan makanan, nyaring bubur biar teksturnya halus. Ulekan, saringan, dan perasan jeruknya kepakai secara rutin sampe Kaniya naik tekstur dari lumat ke nasi lembek.

Lusty_Bunny_Perlengkapan_Makan_Bayi_Food_Maker___Biru_Muda

Feeding Set

Feeding set mah udah gak usah ditanya ya, butuh banget alat MPASI ini. Biasanya udah banyak yang ngadoin feeding set pas lahiran jadi barang ini udah gak beli lagi. Alhamdulillah Kaniya juga banyak kado berupa feeding set jadi tinggal pake aja yang ada di rumah.

Menurut saya, sama aja ya peralatan makan merek apa aja. Tapi karena Kaniya ada beberapa kado dengan berbagai merk, ya saya ambil random aja yang merek Lusty Bunny, biar seolah-olah kayak satu set gitu sama food maker-nya hahaha.

baby gift set

Straw Cup

Kaniya pake straw cup dari awal MPASI karena Kaniya gak kenal dot dari lahir. Jadi dia langsung belajar nyedot air dari straw cup dan alhamdulillah berjalan dengan lancar.

Kaniya pake merk Baby Safe untuk straw cup dan Pigeon Mag-Mag Step 2 untuk sippy cup. Dipakenya gantian, tapi Kaniya prefer pake straw cup. Sekarang di usia 17 bulan, Kaniya masih pake straw cup dan minum dari gelas langsung. Dia tetep gak mau dot dan enggan pakai sippy cup.

Slow Cooker

Slow cooker adalah penyelamat mamak yang gak terlalu kreatif dalam memasak ini itu. Sumpah ini penolong saya banget di awal-awal MPASI. Tinggal siapin fresh ingredients trus potong-potong, cemplung-cemplung ke slow cooker, colokin slow cooker-nya, tadaaa… makanan siap! Cocok juga nih buat working mom yang biasanya sibuk banget di pagi hari buat nyiapin MPASI anaknya.

Untuk merek slow cooker, saya punya 2 rekomendasi yaitu :

  1. Takahi
  2. Baby Safe.

Saya sendiri pakai Baby Safe Slow Cooker karena harganya lebih murah dan fungsinya sama aja kayak Takahi hehe. Slow cooker ini masih kepakai sampe sekarang kalau saya lagi mau bikin bubur buat Kaniya. Worth it kok harga 300 ribu sekian untuk dipake selama masa MPASI.

Baby-Safe-Slow-Cooker-LB009

Wadah Tertutup

Ini optional sih, tapi penting. Kemungkinan sebagian besar emak-emak udah punya barang ini di rumah untuk food preparation di lemari es. Wadah-wadah ini penting buat naruh bahan-bahan makanan yang biasa dipakai untuk MPASI.

Saya sendiri sering nyetok sayuran seperti wortel, brokoli, jagung, trus saya potong-potong dan masukkan ke lemari es (chiller). Kalau untuk daging-dagingan, saya biasanya stok dada ayam fillet, salmon/tuna fillet, dan daging sapi.

IKEA Pruta

Nah, itu dia 6 barang yang menurut saya penting dan wajib ada di list belanja peralatan MPASI. Boleh dong komen-komen juga kalau ada list peralatan MPASI yang wajib punya selain yang ada di list artikel ini. Hehe

Please don’t be a impulsive shopper, mommy! Happy shopping and see you on the next post!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s