Beauty and Health

Review PRP Wajah : Cobain Vampire Treatment ala Kim Kardashian

Halohaaa, jadi kali ini emang agak beda nih dari biasanya. Di postingan ini saya mau bahas mengenai salah satu treatment kecantikan yang lagi hits, yaitu PRP Treatment.

Berawal dari musibah kecipratan minyak panas pas goreng cireng (emang deh ya emak-emak πŸ˜…), wajah saya yang tadinya baik-baik aja jadi ada bercak-bercak kehitaman bekas luka bakar 😭 Kenapa sampe ada bercak hitam? Yup, selain karena emang minyak panas itu jahat, kayaknya saya juga ada kesalahan dalam penanganan awal luka bakar di wajah. Next saya cerita lengkap ya tentang pengalaman luka bakar di wajah yang bikin stresss ini.

Back to topic. Bekas luka ini jujur bikin saya stres berat, gak pede, parahlah pokoknya jadi gak mau ngaca. Saya yang biasanya dandan seadanya cuma cushion plus lipstik jadi harus beli concealer yang ternyata juga gak mempan nutupin luka sehitam ini 😩

Kepo kepolah tentang perawatan dokter estetik gitu kan. Eh ketemu topik Vampire Treatment aka PRP yang katanya oke banget buat memudarkan bekas luka dalam waktu yang singkat.

Tanpa pikir panjang langsung deh cari promo PRP di aplikasi voucher kesayangan (Fave). Menimbang ini itu dari segi harga, lokasi, review klinik tsb, akhirnya saya beli voucher PRP di Dr. Diana Beautycare.

Singkat cerita, saya dateng ke klinik Dr Diana di daerah Kalibata, setelah sebelumnya konfirm jam kedatangan via whatsapp. Saya langsung kenalan sama dokter Diana dan dijelaskan secara singkat mengenai PRP, mulai dari proses, efek, sampai downtime-nya. Jadi, ini pemahaman saya mengenai PRP Treatment.

PRP adalah …

Platelet Rich Plasma atau plasma darah yang kaya akan trombosit. Jadi, PRP sebenernya adalah nama dari bagian darah manusia yang memiliki unsur protein tinggi–dikenal sebagai growth faktor. Nah, si growth factor ini katanya bagus banget untuk proses penyembuhan luka. That’s why, treatment dengan PRP sudah menjadi hal lumrah untuk para atlet yang cidera & membutuhkan proses penyembuhan yang cepat.

PRP Wajah

PRP treatment sebenernya bisa dilakukan di beberapa bagian tubuh, seperti wajah, rambut, siku/lutut, bahkan otot manusia. Tapi sekarang lagi hype PRP wajah & PRP rambut yang katanya efektif mengatasi kerontokan parah dan kebotakan.

Treatment PRP yang dilakukan di wajah dikenal dengan nama Vampire Treatment. Mulai banyak di-notice orang sedunia karna Mbak Kim ternyata rutin vampire treatment. Dikenal dengan kata “vampire” karena memang serum yang digunakan dalam treatment berasal dari darah pasien, lalu diaplikasikan dengan dermaroller. Nah, pada waktu pengaplikasian ini, dermaroller yang pada dasarnya adalah jarum super kecil emang bertugas melukai wajah. Luka ini otomatis mengeluarkan darah, yang kemudian dicampur dengan serum PRP biar growth factor bekerja dengan maksimal. Jadilah itu kesannya kayak maskeran pake darah sendiri πŸ˜†

Alur Proses PRP Wajah

Biar lebih kebayang gimana proses PRP wajah ini, saya sertakan infografisnya ya. Semoga bisa lebih dipahami.

Manfaat PRP Wajah

Katanya sih banyak banget manfaat PRP wajah ini. Meski pasti ada juga risikonya. Saya masukkan 4 manfaat paling cetar ini aja ya ❀

1. Memperbaiki tekstur kulit wajah, bagus banget sih kayaknya untuk yang punya scar/bopeng/bekas jerawat menahun.
2. Memudarkan bekas luka. Ini sih tujuan utama saya PRP wajah.
3. Mengecilkan pori-pori di wajah.
4. Meremajakan kulit wajah. Yup, ternyata PRP juga salah satu anti aging treatment.

Pengalaman PRP Wajah

Buat saya yang gak pernah perawatan ala klinik (cuma skincare-an di rumah aja), ambil treatment PRP adalah suatu hal yang WOW. Takut? Iyalah. Tapi berani-beraniin karena udah stres banget ama kondisi wajah pasca musibah itu 😭

Saya alami semua alur proses PRP wajah dengan baik. Waktu dioles krim anastesi, rasanya muka tebel banget kayak badak haha. Sembari krim anastesi bekerja, saya juga nunggu proses pemisahan plasma darah yang memakan waktu sekitar 30-45 menit. Ada sekitar 5 cc plasma darah yang akan diaplikasikan dengan dermaroller nanti. Nanti saya sertakan foto plasma darah saya sebelum diaplikasikan ke wajah. Keliatan juga bekas luka bakar hitam di atas bibir yang emang sePARAH itu 😭

Ok, inti prosesnya udah mau dimulai, tarik napas panjaaaang. Ini karna kebanyakan blogwalking dan rata-rata review PRP wajah bilang sakit banget pas inti proses ini. Beauty is pain, right?

Tapi, pas udah di akhir proses, anehnya, saya gak ngerasa sakit yang gimana-gimana seperti review orang-orang yang sudah PRP. It’s FINE. Beneran. Cekit-cekit perih biasa aja gitu, toh udah dioles krim anastesi juga kan. Jadi harusnya lebih tenang karena gak akan sakit.

Pas saya konfirm ke dr Diana, setiap orang memang akan merasakan efek berbeda, tergantung kondisi wajahnya. Kebetulan concern saya adalah bekas luka bakar bukan scar/bopeng/bekas jerawat yang katanya akan lebih sakit pas proses dermaroller bekerja. Tapi katanya efeknya juga akan keliatan lebih jelas.

Review PRP Wajah

Hari H :
Pas treatment gak terlalu sakit, cekit-cekit wajar karena kebantu krim anastesi.

Saya PRP wajah itu sore, after work sekitar jam 5. Selesai sekitar jam 7 malam. Pulangnya dibekelin krim khusus sama dr Diana. Selama 3 hari ke depan disarankan gak pake krim/make up apa-apa selain krim dari klinik (pakai pagi dan malam) dan sunscreen (dipakai pagi hari saja). Disarankan juga malam ini cuci muka hanya pakai air (gak pake sabun karena akan perih banget).

Downtime sekitar 3-7 hari, kalau kulit wajah mulai mengelupas alami gak boleh dikopek-kopek ya. Biarin aja alami ngelupas karena itu lagi proses regenerasi kulit.

Hari ke-2 :
Bener-bener nurutin semua saran dokter. Di kantor udah kayak ninja cuma pakai masker seharian. Bare face dengan keadaan muka belang belentong gini yaampun mau nangis tapi badai pasti berlalu. Efek belum keliatan, masih cekit-cekit kalau kena air, apalagi kena sabun muka.

Hari ke-3 :
Kulit mulai mengelupas alami. Keep calm. Bekas luka masih gitu-gitu aja sih tapi kayaknya agak memudar seiring proses regenerasi kulit. Masih belum skincare-an dan makeup-an.

Hari ke-4 :
Pengelupasan mulai menyeluruh terutama bagian pipi dan dahi. Jadi halus banget. Efek yang gak disangka adalah pori-pori beneran mengecil. Buat saya yang gak punya masalah pori-pori besar, saya aja notice lho kalau mengecil pori-porinya. Kayaknya ini good treatment untuk yang punya masalah pori-pori besar. Udah skincare-an dan makeup-an karena ada kondangan πŸ˜…

Hari ke-5 :
Kulit wajah halus, efek pori-pori lumayan mengecil, bekas luka masih keliatan banget tapi kayaknya agak memudar.

Sorry gak ada foto wajah before after karena udah stres duluan liat muka sendiri waktu itu, gimana mau share ke orang πŸ˜…

PRP wajah kali ini saya ngerasa dapet efek yang gak disangka-sangka : kulit wajah halus dan agak cerah, pori-pori mengecil. Tapi sayangnya saya kurang puas sama efeknya ke bekas luka. Emang agak memudar tapi gak terlalu keliatan kayak pori-pori mengecil.

PRP wajah saya lakukan H+10 hari pasca kejadian minyak panas, bekas luka lagi parah-parahnya (Di atas ada sedikit foto bekas luka bakar yang emang hitam). Sementara sekarang udah H+3 bulan dan alhamdulillah bekas lukanya udah memudar banget dibanding pas lagi di foto itu. Next saya cerita ya tentang produk & treatment apa lagi yang saya usahakan demi memudarkan bekas luka ini.

Semoga sharing saya tentang PRP kali ini bermanfaat ya. Sebenernya ada beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum menjalani PRP wajah. Ok, nanti saya siapin draft-nya dulu ya (banyak banget janji next postnya aduhh πŸ˜‚) Kalau ada yang mau tanya-tanya boleh via komen atau mampir ke IG @rikaamelina aja ya untuk lebih fast response. See you!

4 tanggapan untuk “Review PRP Wajah : Cobain Vampire Treatment ala Kim Kardashian”

  1. Baca ini pas tadi baru liat youtube seseorang yang abis teatment buat scars nya.
    liatnya sih biasa aja, lah kok baca ini jadi pengen ngompol rasanya, jadi kebayang perihnya minta ampun hahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s