Travelling & Kuliner

Wisata Belitung : Itinerary dan Tips Traveling Murah

Tips traveling murah dan Itinerary Belitung sudah saya janjikan sebelumnya di postingan open trip.

Baca Juga : Open Trip Belitung Bawa Bayi

Nah, demi menepati janji #cielah, kali ini saya mau sharing itinerary Belitung. Sekalian tips traveling hemat dan beberapa hal terkait objek wisata Belitung. Cuss kita bahas.

Itinerary Belitung

Soal itinerary Belitung, sebenernya saya gak terlalu prepared karena udah ikut paket open trip 2 hari 1 malam. Meski 2 hari sisanya masih meraba-raba “kira-kira mau ke mana aja di Belitung”. Pulau Belitung memang bukan pulau yang besar, tapi ternyata lumayan banyak juga objek wisata yang bisa dikunjungi.

Selama 4 hari di Belitung, alhamdulillah hampir semua objek wisata Belitung yang terkenal sempat kami kunjungi. Bisa liat pic di bawah ini ya untuk detail itinerary Belitung 4 hari 3 malam.

Wisata Belitung
Itinerary Belitung

Itinerary Belitung 4d3n di atas sudah mencakup beberapa jenis wisata di Belitung. FYI, objek wisata di Belitung secara garis besar terbagi menjadi 2 :

Wisata Tanjung Pandan

Saat sampai di Bandara H. AS. Hanandjoeddin, sebenernya udah deket banget sama objek wisata di Tanjung Pandan. Wisata Belitung dekat bandara ini banyak menjadi tujuan awal wisatawan yang berkunjung ke Belitung.

Dalam rentang 15-20 km ke arah timur bandara, banyak objek wisata Belitung yang bisa kita jelajahi, termasuk pantai. Objek wisata pantai termasuk salah satu daya tarik wisata Belitung. Pantai yang sempat kami kunjungi di Tanjung Pandan, di antaranya : Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kelayang, dan Pantai Tanjung Pendam.

Wisata Belitung
Pantai Tanjung Tinggi
Pantai Tanjung Pendam

Wisata Belitung selain pantai di wilayah Tanjung Pandan yang juga sempat kami kunjungi yaitu Danau Kaolin, Rumah Adat Belitung, dan Hutan Mangrove.

Danau Kaolin
Rumah Adat Belitung
Hutan Mangrove

Wisata Belitung Timur

Wisata Belitung Timur identik dengan objek wisata yang dipakai sebagai lokasi syuting Film Laskar Pelangi. Film garapan Andrea Hirata ini sukses membawa nama Belitung sebagai salah satu destinasi wisata yang keren. Sekaligus menciptakan destinasi wisata baru di kawasan Belitung Timur.

Perlu satu hari penuh untuk mengunjungi objek wisata di Belitung Timur. Letaknya yang lumayan jauh dari Kota Tanjung Pandan (70-80 km) merupakan pertimbangan utama kami untuk meluangkan 1 hari khusus untuk berkunjung ke Belitung Timur.

Objek wisata Belitung Timur letaknya cukup berdekatan dan semua sudah tersedia di Google Maps. Di Belitung Timur, kami sempat mengunjungi Replika SD Muhammadiyah, Dermaga Kirana, Museum Kata Andrea Hirata, dan Pantai Nyiur Melambai. Kami juga sempat makan siang di Warung Kopi 1001 yang merupakan salah satu wisata kuliner Belitung rekomendasi banyak traveler.

Wisata Belitung
Replika SD Laskar Pelangi
Wisata Belitung
Dermaga Kirana
Wisata Belitung
Museum Kata Andrea Hirata

Baca Juga : 5 Wisata Kuliner Belitung Wajib Coba!

Tips Traveling Murah

Saya mau berbagi tips traveling hemat yang sudah saya terapkan saat traveling ke Belitung. Alhamdulillah berhasil (pengeluaran traveling sesuai dengan budget awal). Ini benar-benar berdasarkan pengalaman pribadi ya, semoga bisa bermanfaat dan diambil positifnya.

Tentukan Budget Awal

Penentuan budget traveling itu penting. Sebelum rencanakan traveling, buat range budget yang bisa kamu sisihkan untuk biaya traveling ini. Misal, mau ke Bali 6 hari budget 10 juta untuk 2 orang. Budget traveling yang saya maksud di sini budget keseluruhan ya, bukan budget yang hanya dikeluarkan saat hari H traveling.

Ikut Open Trip

Iya, saya baru pertama kali ikut open trip kemarin di Belitung and it’s the best choice kalo mau travel hemat. Awalnya goal saya memang bukan traveling murah, tapi tetap mengacu pada budget awal. Biar pas pulang traveling enggak kaget liat saldo rekening hehe.

Saran saya, ikut open trip untuk island hopping atau wisata keliling pulau yang memakan banyak biaya jika kamu lakukan sendiri. Island hopping membutuhkan biaya sewa kapal dan sewa alat snorkeling. Itu belum termasuk jasa awak kapal dan pemandu wisata. Kalau saya hitung-hitung, island hopping jauh lebih murah jika ikut open trip saja.

Biasanya open trip juga sudah termasuk biaya transportasi, akomodasi, dan makan. It’s a good deal I think. Tapi coba dipertimbangkan ulang ya plus minusnya tergantung situasi dan destinasi wisata yang kamu tuju.

Cari Promo Tiket Pesawat

Saya paling suka cari promo apapun, termasuk promo tiket pesawat. Alhamdulillah waktu itu pas banget ada potongan harga lumayan di Traveloka. Kebetulan Belitung juga termasuk destinasi wisata yang gak terlalu berat di ongkos seperti Bali atau Lombok. Jadi makin happy deh atur budget traveling.

Pilih Penginapan Murah

Kalo tujuan traveling kamu adalah jalan-jalan, pilih penginapan atau hotel murah sebagai akomodasi kamu selama di destinasi wisata. Di Belitung, gak terlalu banyak hotel bintang 4 atau 5 yang punya segudang fasilitas. Awalnya saya pun galau, mau nginep di hotel biasa aja atau sekalian di hotel berbintang yang fasilitasnya lengkap.

Tapi balik lagi ke tujuan awal, traveling ini mau ngapain? Mau jalan-jalan ke objek wisata atau menikmati fasilitas hotel? Akhirnya saya pilih penginapan sekelas Reddoorz, OYO, Airy.

Sebelum booking, coba tengok review dari pengunjung sebelumnya, jadi kamu bisa tau kekurangan hotel tsb. Kalau kekurangannya masih bisa ditolerir dan sebanding sama harga ya lanjut aja. Pertimbangkan juga akses lokasi hotel ke objek wisata di itinerary kamu.

Kebetulan pengalaman menginap saya selama 3 malam berturut-turut oke sih. Dengan harga 120 ribu/malam, it’s a very good deal! 😆 Karena saya sewa mobil juga, akses lokasi yang lumayan dekat dengan pusat kota memudahkan banget kalau mau cari makanan. Btw, cari makanan enak di Belitung susah susah gampang, lagi-lagi harus banyak baca review biar gak kecewa banget. Tapi kalau kopi Belitung sih gak usah ditanya, pasti juarak!

Catat Detail Pengeluaran

Saya selalu catat pengeluaran untuk traveling bahkan jauh sebelum hari H. Saat booking sesuatu yang harus mengeluarkan DP, saya pasti catat. Hal ini berguna banget buat tau “kira-kira butuh uang cash berapa saat hari H?”

Kenapa butuh uang cash saat traveling? Di saat dompet digital sedang hype dan ATM menjamur di mana-mana. Pendapat saya, ini bermanfaat banget untuk mengatur pengeluaran sesuai budget. Cukuplah hanya DP yang pakai transaksi online, pelunasan pakai cash aja. Dengan cash, uang makan bisa dipisahkan sesuai budget awal. Begitu juga budget bensin/transportasi. Dengan begini, pengeluaran saat traveling bisa lebih terkontrol.

Pertimbangkan juga daerah tempat kamu traveling. Di Belitung, belum banyak promo dompet digital yang saya temukan. Ada sih, tapi itu hanya ada di gerai macam KFC atau Hokben. Sementara saya lebih tertarik mencoba kuliner asli Belitung yang warung-warungnya bahkan jarang menerima pembayaran dengan debit.

Nah…

Segitu aja sih tipsnya hehe, simple banget kan? Tapi kalau dipraktekkan memang butuh kedisiplinan. Gak sulit kalau kamu emang niat traveling hemat dan gak dikit-dikit ambil ke ATM. Budgeting dalam traveling itu nagih, nagih karena jadi pengen traveling lagi ke tempat lain dengan prinsip budgeting serupa. Hehe. Kalau ada yang mau nambahin tips traveling hemat boleh banget lho, sharing di komen ya.

See you~

3 tanggapan untuk “Wisata Belitung : Itinerary dan Tips Traveling Murah”

  1. Uwaaa, pas banget bulan Maret 2020 saya mau ke Belitung. Hihi, jadi bisa dapat sedikit insight dari post mba kali ini~ penasaran juga sama beberapa lokasi wisata yang banyak disebutkan blog-blog yang sudah saya baca sebelumnya 😀

    Terima kasih untuk sharing perjalanan Belitung hemat ya mba :>

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s