Beauty and Health

Review ZEN : Body Wash / Body Soap / Hand Sanitizer

Selama pandemi corona ini, saya lumayan strict dalam memilih produk-produk kesehatan keluarga. Apalagi soal sabun mandi keluarga. Sabun antibacterial dianggap paling sesuai dengan keadaan saat ini, dibandingkan dengan sabun yang hanya menang di “wanginya”.

Tapi di sisi lain, terlintas pertanyaan “Apakah sabun antibacterial ini malah gak bikin kulit kering?” Nanti yang ada malah timbul masalah baru karena kulit saya memang lumayan sensitif. Terlebih saya juga punya anak usia balita yang kulitnya belum setahan banting orang dewasa.

Try & Review Produk ZEN

Nah, kebetulan pas lagi nyari-nyari sabun antibacterial, saya dapet kesempatan ikutan program Try & Review nya produk-produk Zen. Jadi bulan Juni lalu, saya dikirimin beberapa produk Zen dan diminta review secara jujur berdasarkan pemakaian selama sebulan ini.

Ada beberapa produk Zen yang dikirim ke saya dan I was surprised karena dikirimin satu set varian lengkap Zen Antibacterial Body Wash dan Zen Antibacterial Body Soap. Dikirimin juga Zen Antiseptic Hand Sanitizer yang merupakan produk terbaru Zen.

Review Zen Body Wash

Setelah barang datang, saya foto-foto produknya sebentar dan langsung saya pakai mandi. Se-gak-sabar itu karena pas foto produk, wangi sabunnya pengen bikin mandi terus haha. Anak dan anggota keluarga yang lain juga sengaja saya suruh pakai sabun Zen ini untuk saya mintai pendapat dan review nanti.

And… Here we go! Sudah sebulan berlalu dan ini saya rangkum review jujur berdasarkan pemakaian produk produk Zen yang dikirim ke saya.

Review Zen Body Wash

Ok, kita mulai review nya dari produk favorit saya dan keluarga: ZEN BODY WASH alias sabun mandi cair!

Varian Zen Body Wash

Sebelum masuk ke review dan cerita pengalaman saya, kita bahas dulu yuk varian dari Zen Body Wash ini. Pada dasarnya, semua varian mengandung Shiso yang merupakan daun berwarna merah. Shiso ini asalnya dari Jepang dan memang sudah terkenal sebagai antibakteri alami.

Zen Sabun Antibakterial

That’s way kenapa semua varian Zen Body Wash ini disebut sabun antibacterial ya. Karena memang semua variannya mengandung red shiso. Ok, lanjut bahas variannya yuk!

Ada 3 varian Zen Body Wash yang memiliki kandungan dan manfaat yang berbeda pula, yaitu:

1. Shiso & Sandalwood (warna pink)

Varian yang pink ini wanginya paling “keluar” atau paling wangi dibanding varian yang lain. Sandalwood yang terkandung dalam varian warna pink ini memiliki fungsi anti inflamasi dan punya efek untuk relaksasi. Ini varian yang pertama saya coba.

2. Shiso & Seasalt (warna biru)

Warna biru muda yang merupakan warna varian ini sepertinya mencerminkan laut. Varian ini memiliki kandungan garam laut yang berfungsi mengangkat sel kulit mati pada kulit tanpa membuatnya kering.

3. Shiso & Sulphur (warna putih)

Varian berwarna putih ini kesukaan Kaniya. Wanginya kalem dan cocok banget buat anak-anak yang kulitnya sensitif. Sulphur yang terkandung dalam varian ini juga lembut di kulit.

Varian Zen Body Wash

Pengalaman Pakai Zen Body Wash

Setelah baca-baca manfaat dari semua varian, jujur saya jadi pengen cobain semua hehe. Tapi akhirnya varian yang pertama dibuka dan dipakai adalah varian Sandalwood (warna pink). Saya pakai varian ini sudah hampir sebulan dan gak ada reaksi alergi atau kulit kering.

Ini karena Zen Body Wash ternyata tidak mengandung Paraben dan SLS yang bahaya bagi kulit. Oiya, kalau produk sabun di rumah kalian masih mengandung 2 bahan berbahaya tersebut, lebih baik langsung ganti ke sabun yang aman dan gak merusak kulit seperti Zen ini, ya!

Zen Bebas SLS dan Paraben

Varian kedua yang saya coba adalah varian Sulphur (warna putih). Ini adalah varian favorit anak saya yang masih berusia batita. Sabun Zen aman dipakai oleh anak usia di atas 1 tahun ya, jadi saya pakaikan juga sabun Zen ini ke Kaniya.

Hasilnya? Dia suka banget karena busanya banyak! Terus yang varian ini lebih lembut di kulit, meski wanginya gak seharum yang pink. Wangi sabun varian sulphur ini kalem banget, mirip sabun bayi menurut saya hehe.

Jadi, kesimpulan saya tentang ZEN BODY WASH adalah:

(+) Busa banyak

(+) Lembut di kulit

(+) Tidak membuat kulit kering

(+) Tidak memicu alergi atau iritasi kulit

(+) Merupakan sabun antibacterial yang sesuai dengan kebutuhan sabun keluarga saat masa pandemi

(-) Masih ada sedikit rasa licin di kulit setelah sabun dibilas

(-) Wangi sabun masih bisa dimaksimalkan lagi. Tapi untuk kategori sabun antibacterial, Zen udah paling wangi sih, apalagi yang varian Sandalwood hehe.

Overall Rating untuk Zen Body Wash:

8,5/10

Review Zen Body Soap

Review Zen Body Soap

Zen Body Soap ini adalah versi sabun batang dari Zen Body Wash. Pas sesi foto ini, wangi banget sabun batangnya haha. Akhirnya saya pakai yang varian seasalt (warna biru). Untuk busa, tidak sebanyak zen body wash tapi untuk wanginya kok saya merasa lebih wangi yang sabun batang ya? Apa ini ilusi saya aja hahaha. Pada dasarnya kandungan kedua jenis sabun Zen ini sepertinya sama, hanya berbeda bentuknya saja.

Karena menurut saya lebih wangi, saya kasih rating 9/10 buat Zen Body Soap! 😀

Review Zen Antiseptic Hand Sanitizer

Omong-omong hand sanitizer, semenjak pandemi corona ini, saya udah nyoba banyak banget merek hand sanitizer yang beredar di pasaran. Mulai dari yang (dulu) murah sampe jadi mahal terus sekarang harganya mulai standar lagi hehe.

Nah, Zen ternyata juga mengeluarkan produk hand sanitizer yang merupakan produk terbarunya. Awalnya sih saya gak expect gimana-gimana sama produk ini. Tapi eh sekarang malah jadi produk andalan haha.

Menurut saya, Zen Antiseptic Hand Sanitizer ini:

(+) Kandungan alkoholnya sudah 70%, jadi bener bener ampuh basmi bakteri dan kuman.

(+) Wanginya gak nyegrak dan gak kayak bau om-om (ada lho hand sanitizer yang baunya super aneh hahaha).

(+) Wangi hand sanitizer akan Kembali netral setelah kering. Gak meninggalkan jejak wangi aneh-aneh gitu.

(+) Cepet banget keringnya, 3-5 detik udah langsung kering. Keren!

(+) Saya gak merasa efek lengket yang biasanya ada di merek hand sanitizer lain. Ini saya suka banget!

(-) Belum ketemu hehehe.

Overall Rating untuk Zen Hand Sanitizer:

9,5/10

Review Zen Hand Sanitizer

Kesimpulan

Setelah sebulan ini mencoba, so far saya cocok dengan produk produknya Zen. Next mau nyetok sabun dan hand sanitizer (khususnya yang travel size) di Shopee. Nah kebetulan saya punya kode diskon yang bisa kalian pakai kalau mau belanja melalui Shopee.

Kode Voucher Shopee Zen

Saat ini produk produk Zen lagi diskon 15% – 23% di Shopee, ditambah kode voucher di atas bisa dapet diskon tambahan 5% lagi. Yes, you’re welcome! Hahaha.

Program Try And Review Produk Zen

Sebenernya program try and review ini masih butuh orang untuk mencoba dan review produk produk Zen. Siapa mauuu?! Hehe.

Jadi, bagi yang mau coba juga produk produk Zen seperti yang saya coba di atas, silakan klik link ini ya.

Nanti yang terpilih akan dihubungi langsung oleh pihak Zen. Cuss langsung isi form nya ya, link pendaftaran hanya aktif sampai 24 Agustus 2020.

Semoga kalian bisa terpilih di Program Try And Review Zen juga, ya! See you on the next post!

Baca Juga: Cara Dapat Skincare dan Make Up GRATIS dari Sociolla

35 tanggapan untuk “Review ZEN : Body Wash / Body Soap / Hand Sanitizer”

  1. Aaaa kok aku kebayang yaa gimana wanginya Sandalwood, mau cek langsung di toko2 nyari sabun Zen ini ah seoalnya ga bikin kering ya kak? Picky bgt kl pilih sabun cair emg enaknya jgn yg bikin kering

  2. Saya tertarik dengan sabun ini gara-gara anti bacterialnya, secara zaman sekarang butuh banget sabun dengan anti bakterial kayak gini.
    Pas banget kemaren liat lagi diskon deh di alfamidi 🙂

  3. yaampun.. auto pengen coba..
    penasaran banget deh sama yang pink..
    dibayangan ku tuh aromanya lembut manis gitu.. hehe

  4. Wih lengkap banget ya mba produknya. Dari sabun cair sampe sabun batangan ada. Bahkan hand sanitizer juga… Aiihhh jadi pengen nyoba juga deh

  5. Jujur awalnya saya kurang tau tentang produk Zen, setelah mampir ke tulisan ini jadi dapat insight baru tentang produk tersebut

  6. Bagus banget sabunnya ga bikin kulit kering
    Terus banyak busanya
    Biasanya kalau sabunnbehitu ga ada busanya
    Ini ada bisa buat mainan anakanak busanya

  7. Belum pernah makai Zen Body Wash. Tp dr artikel ini jd pengen beli dan nyoba. Wah rekom dong yg mana yg aromanya seger alami…😊

  8. Iseng beli sabun batangnya waktu itu beli dua varian, saya lupa yang mana aja. Kayaknya yang warna pink ama putih. Wanginya memang unik dan enak seperti sabun-sabun wanita gitu. Saya tertarik beli waktu itu karena sabun anti bakteri atau kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s